Tribun

Reshuffle Kabinet

Serah Terima Jabatan, Hadi Tjahjanto Gantikan Sofyan Djalil Jadi Menteri ATR/ BPN

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar serah terima jabatan Menteri ATR/BPN, Rabu (15/6/2022).

Editor: Adi Suhendi
zoom-in Serah Terima Jabatan, Hadi Tjahjanto Gantikan Sofyan Djalil Jadi Menteri ATR/ BPN
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Menteri Agraria dan Tata Rung/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto (kiri) bersama mantan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil memberikan keterangan pers setelah serah terima jabatan di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/6/2022). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar serah terima jabatan Menteri ATR/BPN, Rabu (15/6/2022).

Serah terima jabatan diakukan dari Sofyan Djalil kepada Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jalan Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (15/6/2022) sekira pukul 17.20 WIB.

Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto bersyukur prosesi pengambilan sumpah jabatan berlangsung aman dan lancar.

“Kita semua menyaksikan perjalanan sejarah Kementerian ATR/BPN yang hari ini dilaksanakan, yaitu proses pergantian pimpinan dari pak Sofyan Djalil kepada saya,” kata Hadi Tjahjanto dalam sambutannya, Rabu (15/6/2022).

“Ini adalah satu proses yang normal dan wajar. karena proses pergantian pimpinan mulai dari kedinasan manapun itu adalah lumrah,” lanjut dia.

Baca juga: Menteri ATR Hadi Tjahjanto Optimistis Target 126 Juta Sertifikat Tanah Bisa Selesai

Hadi lantas mengucapkan terima kasih kepada Sofyan Djalil dan berkomitmen melaksanakan tugas semaksimal mungkin.

“Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Sofyan Djalil dan Ibu, selamat bertugas di ruang pengabdian yang baru.”

Sementara itu, mantan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil menceritakan pengalamannya ketika dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istsma Negara, Selasa (14/6/2022) kemarin.

“Saya tanya siapa menggantikan saya, Pak Hadi. Alhamdulilah saya spontan. Alhamdulillah teman-teman di sini sangat nyaman dengar Pak Hadi jadi menteri di sini,” kata Sofyan Djalil.

Baca juga: Alasan Jokowi Pilih Hadi Tjahjanto dan Zulkifli Hasan Jadi Menteri ATR/Kepala BPN dan Mendag

Dia yakin Menteri ATR/BPN yang baru bisa melanjutkan program kementerian yang sudah berjalan.

Sebab, kata Sofyan, Hadi Tjahtjanto adalah sosok yang berdedikasi tinggi buat negara.

“InsyAllah Pak Hadi dengan Pak Juli akan memimpin kementerian ini lebih baik yang ada pada sebelumnya,” kata Sofyan.

“Beberapa hal yang masih jadi perhatian pak Presiden yang kita harus kerjakan dan telah kami kerjakan dan bapak teruskan adalah Reforma Agraria,” lanjut dia.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik calon menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 di Istana Negara, Jakarta, pada Rabu (15/6/2022).

Para menteri dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Menteri yang dilantik ialah Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/BPN.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Negara juga melantik wakil menteri berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24N Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Adapun Wakil Menteri yang dilantik yakni, John Wempi Watipo sebagai Wakil menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas