Tribun

Idul Adha 2022

Ketentuan Pelaksanaan Sholat Idul Adha 2022 dan Kriteria Penyembelihan Hewan Kurban Menurut Kemenag

Kementerian Agama Islam Republik Indonesia telah mengeluarkan edaran mengenai panduan pelaksanaan Idul Adha 2022, simak ketentuannya berikut ini.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Miftah
zoom-in Ketentuan Pelaksanaan Sholat Idul Adha 2022 dan Kriteria Penyembelihan Hewan Kurban Menurut Kemenag
Freepik
Ilustrasi Idul Adha - Kementerian Agama Islam Republik Indonesia telah mengeluarkan edaran mengenai panduan pelaksanaan Idul Adha 2022, simak ketentuannya berikut ini. 

TRIBUNNEWS.COM - Inilah ketentuan pelaksanaan Idul Adha tahun 2022 menurut Kemenag RI.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas telah merilis panduan pelaksanaan Idul Adha tahun 2022 pada Sabtu (25/6/2022) lalu.

Dikutip dari kemenag.go.id, Kemenag menerbitkan edaran tersebut dengan tujuan untuk memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam pelaksanaan Hari Raya Idul Adha 2022.

Ketentuan mengenai pelaksanaan Idul Adha tertuang dalam Surat Edaran Nomor 10 Tahun 2022.

Baca juga: Kapan Libur Idul Adha 2022? Benarkah Libur Lebaran Idul Adha Kali Ini Bertepatan Hari Minggu?

Ketentuan Umum Pelaksanaan Idul Adha:

1. Umat Islam menyelenggarakan salat Hari Raya Idul Adha dan melaksanakan kurban mengikuti ketentuan syariat Islam.

2. Dalam penyelenggaraan salat Hari Raya Idul Adha dan pelaksanaan ibadah kurban, pengurus dan pengelola masjid/musala memperhatikan Surat Edaran Menteri Agama mengenai pelaksanaan kegiatan peribadatan/keagamaan di tempat ibadah pada masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat sesuai dengan status level wilayah masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan.

3. Pengurus dan pengelola masjid/musala wajib menunjuk petugas yang memastikan sosialiasi dan penerapan protokol kesehatan kepada seluruh jemaah.

4. Para mubalig/penceramah agama diharapkan berperan dalam memperkuat nilai-nilai keimanan, ketakwaan, persatuan, kerukunan, kemaslahatan umat, dan kebangsaan serta berdakwah dengan cara yang bijak dan santun sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an, Sunah, dan tidak mempertentangkan masalah khilafiah.

5. Masyarakat diimbau untuk mengumandangkan takbir pada malam Hari Raya Idul Adha Tahun 1443 H/2022 M dan hari tasyrik di masjid/musala atau rumah masing-masing.

6. Penggunaan pengeras suara mengacu pada Surat Edaran Menteri Agama Nomor SE. 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid/Musala.

7. Salat Hari Raya Idul Adha 10 Zulhijjah 1443 H/2022 M dapat diselenggarakan di masjid atau di lapangan terbuka dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga: Tanggal Merah dan Hari Besar Bulan Juli 2022, Ada Idul Adha dan Tahun Baru Islam

Ketentuan Khusus Pelaksanaan Idul Adha:

1. Bagi umat Islam, menyembelih hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha hukumnya sunnah muakkadah. Namun demikian, umat Islam diimbau untuk tidak memaksakan diri berkurban pada masa wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas