Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Peringatan Dini BMKG Minggu 10 Juli 2022, Hujan Lebat Disertai Angin Terjadi di 16 Wilayah

BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk Minggu (10/7/2022), 16 wilayah berpotensi alami hujan lebat disertai angin kencang.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Peringatan Dini BMKG Minggu 10 Juli 2022, Hujan Lebat Disertai Angin Terjadi di 16 Wilayah
Grafis/Rahmandito
BMKG: Prakiraan Cuaca - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem untuk Minggu (10/7/2022), waspada 16 wilayah berpotensi alami hujan lebat disertai angin kencang. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini cuaca ekstrem untuk Minggu (10/7/2022).

Waspada 16 wilayah berpotensi alami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang.

Sedangkan wilayah Nusa Tenggara Timur berpotensi terjadi angin kencang.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Bibit Siklon Tropis 99W terpantau berada di Laut Cina Selatan yang menginduksi terbentuknya Low Level Jet (angin permukaan > 25 knot) di Samudera Hindia sebelah utara Aceh dan di Laut Cina Selatan.

Kemudian, Pusat Tekanan Rendah (low) terpantau di Samudera Pasifik Timur Filipina dengan tekanan 1008 mb yang membentuk daerah pertemuan/perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di sekitar samudera Pasifik Timur Filipina.

Daerah konvergensi lainnya terpantau di Samudera Hindia Barat Aceh, di Aceh, di Riau, pesisir barat Bengkulu, di perairan selatan Jawa Timur hingga barat daya Lampung, di Bali, di Kalimantan Selatan, di Kalimantan Utara, dari Laut Banda hingga Teluk Tomini, di Sulawesi Utara, di Maluku, dari Papua hingga Papua Barat, dan di Laut Arafuru.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon, low, dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca juga: Penyebab Suhu Dingin di Wilayah NTT dan NTB, Ini Penjelasan BMKG

BERITA TERKAIT

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Minggu, 10 Juli 2022 hingga Senin, 11 Juli 2022:

Minggu, 10 Juli 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Barat

• Riau

• Nusa Tenggara Barat

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas