Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kasus Zulhas Tak Ditindaklanjuti, Pelapor Sindir Bawaslu Seakan Ogah Cari Aturan Hukum Lain

Pelapor kasus dugaan pelanggaran pemilu Zulkifli Hasan mengatakan Bawaslu seakan tak mau mencari aturan hukum lain untuk menindaklanjuti laporannya

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Kasus Zulhas Tak Ditindaklanjuti, Pelapor Sindir Bawaslu Seakan Ogah Cari Aturan Hukum Lain
Warta Kota/YULIANTO
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan keterangan saat Sosialisasi Indonesia Retail Summit 2022 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Alwan Ola Riantoby yang juga pelapor kasus dugaan pelanggaran pemilu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan Bawaslu seakan tak mau berupaya mencari aturan hukum lain untuk menindaklanjuti laporannya 

Laporan wartawan tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Kata Rakyat, Alwan Ola Riantoby yang juga pelapor kasus dugaan pelanggaran pemilu Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan Bawaslu seakan tak mau berupaya mencari aturan hukum lain untuk menindaklanjuti laporannya.

Padahal jika alasan aktivitas yang dilakukan Zulhas tak masuk kualifikasi kampanye pemilu, Bawaslu bisa merekomendasikan laporan atau pemberian sanksi ke lembaga lain terkait.

“Bawaslu tidak ada upaya mencari aturan hukum lain, dan juga tidak memberikan rekomendasi ke lembaga lain,” kata Alwan kepada wartawan, Kamis (21/7/2022).

Menurutnya saat Bawaslu menemukan pelanggaran lain terkait pelaporan tersebut, mereka merekomendasikannya ke Ombudsman atau lembaga lain untuk tindak lanjutnya.

“Artinya kalau kasus ini misalnya ada dugaan pelanggaran yang lainnya ya direkomendasikan ke lembaga lain, bukan kah Bawaslu juga banyak melakukan MoU dengan banyak lembaga seperti KPK dan Ombudsman,” ungkap dia.

Baca juga: Dugaan Pelanggaran Kampanye Zulkifli Hasan Tak Bisa Diproses, Pelapor: Percuma Lapor Bawaslu

Awlan turut menyindir komitmen Bawaslu soal penguatan pengawasan partisipatif rakyat.

BERITA TERKAIT

Komitmen ini disebut berbanding terbalik dengan kenyataan lantaran ketika rakyat aktif berpartisipasi dalam pengawasan, Bawaslu justru bicara hal yang berseberangan.

“Katanya memperkuat pengawasan partisipatif. Rakyat beri masukan begini, Bawaslu bilang begitu. Rakyat beri masukan begitu, Bawaslu bilang begini. Terus Bawaslu mau jadi apa?” terangnya.

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan keterangan saat Sosialisasi Indonesia Retail Summit 2022 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Menurut Mendag, perhelatan Indonesia Retail Summit 2022 yang akan berlangsung pada 15-16 Agustus mendatang akan berkontribusi menggerakkan sektor perdagangan setelah dua tahun bertahan di tengah pandemi COVID-19. Warta Kota/YULIANTO
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan memberikan keterangan saat Sosialisasi Indonesia Retail Summit 2022 di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Kamis (14/7/2022). Kasus Zulhas Tak Ditindaklanjuti, Pelapor Sindir Bawaslu Seakan Ogah Cari Aturan Hukum Lain (Warta Kota/YULIANTO)

“Tentu kami sebagai pelapor sangat menyayangi atas respon Bawaslu,” ujar Alwan.

Diketahui Bawaslu RI menyatakan laporan dugaan pelanggaran kampanye di luar jadwal berupa bagi-bagi minyak goreng dan penggunaan fasilitas negara yang dilakukan Ketua Umum PAN sekaligus Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan tidak memenuhi syarat materiil.

Laporan bernomor 001/LP/PL/RI/00.00/VII/2022 yang dilaporkan oleh tiga lembaga, Kata Rakyat, Lingkar Madani (Lima) dan Komite Independen Pemantau Pemilihan (KIPP) tersebut juga tidak dapat diregistrasi.

Para pelapor sendiri melaporkan Zulhas atas dugaan melanggar pasal 276 Ayat 2 dan pasal 492 UU Nomor 7 Tahun 2017 serta dugaan pelanggaran pasal 280 Ayat 1, dan Pasal 281 ayat 1 yakni kampanye menggunakan fasilitas negara dan kampanye menggunakan fasilitas jabatannya.

“Bawaslu menyimpulkan bahwa laporan dengan nomor 001/LP/PL/RI/00.00/VII/2022 tidak memenuhi syarat materil. Dengan demikian, laporan tersebut tidak dapat diregistrasi dan ditindaklanjuti,” kata Anggota Bawaslu RI Puadi kepada wartawan, Rabu (20/7/2022).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas