Tribun

ASEAN Para Games

Angkat Keris, Wapres Ma'ruf Amin Buka Ajang ASEAN Para Games 2022 di Surakarta

Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin membuka ajang ASEAN Para Games XI 2022 yang digelar di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Angkat Keris, Wapres Ma'ruf Amin Buka Ajang ASEAN Para Games 2022 di Surakarta
Tribunnews.com/Fahdi Fahlevi
Defile Kontingen Indonesia pada ajang ASEAN Para Games XI 2022 yang digelar di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022).   

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, SURAKARTA - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin membuka ajang ASEAN Para Games XI 2022 yang digelar di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022).

Ma'ruf tampak menggunakan topi dan pakaian serba putih dengan corak merah kuning.

Pembukaan ASEAN Para Games XI 2022 secara resmi ditandai dengan pengangkatan keris oleh Ma'ruf.

Dalam sambutannya, Ma'ruf mengaku berbahagia Indonesia mendapatkan amanah menjadi tuan rumah di tengah pandemi Covid-19.

"Setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19, malam ini, saya sangat gembira karena dapat hadir di Stadion Manahan, Surakarta untuk membuka acara yang istimewa ini," ujar Ma'ruf dalam sambutannya di Stadion Manahan, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (30/7/2022).

Tahun ini, ajang ASEAN Para Games mengangkat tema "Striving for Equality" atau Berjuang untuk Kesetaraan.

Ma'ruf mengucapkan selamat berkompetisi kepada para atlet yang bertanding dalam ajang ASEAN Para Games ini.

"Kepada seluruh atlet, selamat berjuang dalam kompetisi yang sehat dan sportif," tutur Ma'ruf.

Dirinya berharap ajang ASEAN Para Games dapat mempererat solidaritas antar negara ASEAN.

Baca juga: Terbang ke Solo, Wapres Maruf Bakal Membuka Ajang ASEAN Para Games 2022

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim, ASEAN Para Games ke-11 tahun 2022 saya nyatakan secara resmi dibuka," kata Ma'ruf.

Pembukaan ini juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, dan Presiden ASEAN Para Sports Federation (APSF) Osoth Bhalivai.

Lalu Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Wali Kota Surakarta sekaligus Ketua Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (INASPOC) Gibran Rakabuming Raka.

Ajang Para Games ini menghadirkan 14 cabang olahraga yang diselenggarakan di beberapa lokasi seperti Solo, Karanganyar, Semarang, dan Sukoharjo serta diikuti oleh 11 negara di Asia Tenggara.

Indonesia menjadi tuan rumah pagelaran ASEAN Para Games ke-XI yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 Juli hingga 6 Agustus 2022 mendatang.

Baca juga: Pembukaan ASEAN Para Games 2022, Panggung Wayang Kulit Raksasa Ada di Tengah Stadion Manahan Solo

Awalnya perhelatan tersebut akan diadakan di Vietnam. Namun, negara tersebut mundur sebagai tuan rumah dan Indonesia akhirnya terpilih menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas