Tribun

Mafia Tanah

Dukung Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, KNPI Akan Bentuk Posko Jubir Anti Mafia Tanah

Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengapresiasi gebrakan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala BPN

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Dukung Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, KNPI Akan Bentuk Posko Jubir Anti Mafia Tanah
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Menteri ATR/Kepala BPN, Hadi Tjahjanto (kanan) bersama Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Muhammad Fadil Imran menyampaikan keterangan pers terkait kasus mafia tanah, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (18/7/2022). Sub Direktorat Harta dan Benda Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya telah menangkap 30 tersangka kasus mafia tanah yang terdiri dari 13 orang pegawai kantor BPN, dua ASN, dua kepala desa, satu orang jasa perbankan, dan 12 orang lainnya yang merupakan warga sipil. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) mengapresiasi gebrakan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala BPN yang baru.

Menurut Ketua Bidang Pertanahan DPP KNPI Arief Parhusif, Presiden Jokowi sangat tepat memilih Marsekal Hadi sebagai Menteri ATR/BPN.

"Beliau sebagai mantan Panglima TNI tentunya memiliki pengalaman lapangan mumpuni dalam menangani maraknya mafia tanah dengan berbagai modus," kata Arief dalam keterangan yang diterima, Rabu (3/8/2022).

Menurut Arief, DPP KNPI pun menapresiasi gebrakan Marsekal Hadi dalam pemberantasan mafia tanah

"Mafia tanah sangat meresahkan rakyat, gebrakan semangat pemberantasan mafia tanah awal kepemimpinan Menteri ATR/BPN di bawah komando Hadi Tjahjanto perlu diapresiasi khalayak umum," terangnya.

"Termasuk kami DPP KNPI akan mendukung berbagai kebijakan terkait pemberantasan mafia tanah tersebut," sambungnya.

Arief yang dikomandoi oleh Ketum KNPI pimpinan Haris Pertama ini menyebut, jika Hadi memiliki strategi apik dalam membongkar praktik mafia tanah di Indonesia.

"Sebagai mantan Panglima TNI, Marsekal Hadi piawai dalam menyiapkan medan pertempuran dengan memperkuat 'spirit de corps' kepada seluruh pegawai Kementerian ATR/BPN melalui 'uniform' khas militer dengan tidak tanggung-tanggung berikan tongkat komando dan tanda kepangkatan pada uniform pegawai," kata Arief.

Lebih lanjut, Arief menilai, jika pemberian seragam baru pegawai Kementerian ATR/BPN bisa menjadi modal kuat dalam menanamkan semangat dan loyalitas dalam membasmi mafia tanah.

Baca juga: Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto Luncurkan Hotline Pengaduan untuk Lawan Mafia Tanah

"Kami yakin dibalik seragam baru pegawai ATR/BPN dapat kita perkiraan tujuan Marsekal Hadi Tjahjanto memiliki tujuan khusus agar pegawainya memiliki semangat militansi, loyalitas dan keberanian dalam pemberantasan mafia  tanah dan tentunya memiliki etos kerja melayani rakyat Indonesia sebagai abdi negara dengan mengedepankan pelayanan publik terbaik," jelas Arief. 

DPP KNPI menurut Arief, akan melakukan langkah konkret dalam dukunganya pada satgas anti mafia tanah bentukan Hadi dengan bentuk Posko Jubir anti mafia tanah.

"DPP KNPI akan bentuk Posko Jubir anti mafia tanah, kami namakan Posko Jubir agar mengenang keberanian dan ketulusan mantan Kabid Pertanahan periode DPP KNPI sebelumnya yang mengadvokasi korban kriminalisasi kasus penyerobotan tanah oleh korporasi di Sumatera Barat," tutup Arief.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas