Tribun

Prakiraan Cuaca

BMKG Peringatan Dini Besok, 27 September 2022: 21 Wilayah Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem

Inilah peringatan dini BMKG untuk besok, 27 September 2022, terdapat 21 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem.

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in BMKG Peringatan Dini Besok, 27 September 2022: 21 Wilayah Berpotensi Terjadi Cuaca Ekstrem
pixabay.com
Ilustrasi cuaca ekstrem - Inilah peringatan dini BMKG untuk besok, 27 September 2022, terdapat 21 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem. 

TRIBUNNEWS.COM - Simak peringatan dini BMKG untuk besok Selasa, 27 September 2022.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan bahwa ada 21 wilayah yang berpotensi terjadi cuaca ekstrem hujan lebat, kilat, dan angin kencang.

Mengutip dari bmkg.go.id, siklon tropis Noru terpantau di Laut Filipina bagian barat dengan kecepatan angin maksimum 70 knot dan tekanan udara minimum 975 hPa yang bergerak ke arah barat barat laut.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin (low level jet) hingga lebih dari 25 knot yang terpantau memanjang dari Laut Cina Selatan hingga Filipina.

Pusat Tekanan Rendah terpantau di wilayah Samudra Pasifik timur Filipina dan di Australia bagian utara yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudra Pasifik timur Filipina dan dari Teluk Carpentaria hingga Australia bagian utara.

Sistem ini diprakirakan akan meningkat intensitasnya dalam 24 jam ke depan. Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis/pusat tekanan rendah dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG 27 September 2022 Gelombang Tinggi: Perairan Barat Lampung Capai 6 Meter

Wilayah ini berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Kep. Riau

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Gelombang Tinggi Senin 26 September 2022: Selat Bali-Lombok Capai 6 Meter

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas