Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengangkatan Hendrar Prihadi Disebut untuk Muluskan Gibran Maju ke Pilgub Jateng

Pengangkatan Hendrar Prihadi menjadi Kepala LKPP dinilai untuk memuluskan langkag Gibran Rakabuming maju di Pilgub Jateng.

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Pengangkatan Hendrar Prihadi Disebut untuk Muluskan Gibran Maju ke Pilgub Jateng
TRIBUN JATENG / EKA YULIANTI FAJLIN
Hendrar Prihadi 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hendrar Prihadi resmi diangkat menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Itu setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Wali Kota Semarang ini di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (10/10/2022).

Pengamat sekaligus Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis (TPS) Agung Baskoro mengatakan, posisi baru Hendrar Prihadi ini sebagai bentuk memuliskan langkah Gibran Rakabuming menjadi Gubernur Jawa Tengah (Jateng) pada Pemilu menadatang.

“Kemungkinan ke arah sana besar,” kata Agung Baskoro saat dihubungi Tribunnews.com, Senin (10/10/2022).

Ia mengatakan langkah ini juga untuk meminimalisir resistensi sebagaimana terjadi di Kota Solo, saat sejumlah pengurus teras DPC PDIP terkesan mendukung setengah hati saat Gibran maju Pemilihan Walikota atau Pilwako.

“Sehingga, untuk mencegah hal ini berulang maka Hendrar diarahkan ke pusat, sehingga kans untuk maju Pilgub tetap terbuka bukan hanya di Jateng,” ujarnya.

Agung mengatakan, elektabilitas Gibran lebih moncer di Jawa Tengah dibandingkan dengan DKI Jakarta.

Baca juga: Alasan Jokowi Pilih Hendrar Prihadi Jadi Kepala LKPP, Ini Permintaan Khusus dari Presiden

BERITA REKOMENDASI

Dugaan mengamankan langkah Gibran ini, lanjut dia, diperkuat dengan pertemuan antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) Batutulis, Bogor, pada Sabtu (8/10/2022) kemarin.

"Tak tertutup kemungkinan ada obrolan untuk ‘memastikan’ masa depan Puan, Gibran, hingga Bobby dalam kerangka yang strategis,” kata Agung.

Baca juga: Hendrar Prihadi Jadi Kepala LKPP, Pengamat Sebut Bentuk Pengaderan Jelang Pilgub DKI

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo resmi melantik Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Pelantikan dilakukan di Istana Negara Jakarta, pada Senin pagi, (10/10/2022).

Prosesi pelantikan diawali dengan dengan dikumandangkannya lagu Indonesia Raya. Setelah itu kemudian pembacaan Keputusan Presiden mengenai pengangkatan Kepala LKPP.

Baca juga: Presiden Jokowi Lantik Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi Sebagai Kepala LKPP

Pengangkatan Hendrar Prihadi dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI No 125/TPA tahun 2022 tentang pengangkatan pejabat pimpinan tinggi utama LKPP.

Usai pembacaan Keppres, Presiden kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh Hendrar.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia dan taat kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab," bunyi sumpah jabatan tersebut.

Baca juga: Hendrar Prihadi Masuk Bursa Calon Gubernur DKI  Versi CSIS, Ini Kata Pengamat

Kursi Kepala LKPP kosong sepeninggal Abdullah Azwar Anas yang dilantik Presiden menjadi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) pada 7 September lalu. Hendrar merupakan politikus PDIP yang telah menjabat Wali Kota Semarang sejak 2013 lalu.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas