Tribun

Gus Halim Sematkan Lencana bagi Kepala Desa Mandiri di Jawa Barat

Abdul Halim Iskandar berikan penghargaan untuk Kepala Daerah dan Kepala Desa atas pencapaian indeks Desa Mandiri di Pendopo Kabupaten Cirebon.

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Gus Halim Sematkan Lencana bagi Kepala Desa Mandiri di Jawa Barat
ist
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Halim menghadiri Gala Dinner Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) 2022 di Pendopo Kabupaten Cirebon, Selasa (18/10/2022) malam. Acara ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan untuk Kepala Daerah dan Kepala Desa atas pencapaian indeks Desa Mandiri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Halim menghadiri Gala Dinner Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara (TTGN) 2022 di Pendopo Kabupaten Cirebon, Selasa (18/10/2022) malam.

Acara ini juga dirangkaikan dengan pemberian penghargaan untuk Kepala Daerah dan Kepala Desa atas pencapaian indeks Desa Mandiri.

Ditemani Wakil Gubernur Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum memberikan penghargaan kepada Kepala Daerah di Jabar dan sejumlah Kepala Desa di Jawa Barat.

Gus Halim memberikan Piagam Penghargaan dan memberikan Lencana kepada Desa Mandiri.

"Lencana ini sebagai bukti keberhasilan Kades dan bisa dipamerkan kepada warga desa sekaligus bukti prestasi Kades," kata Gus Halim.

Baca juga: Gus Halim Sematkan Lencana kepada Wali Kota dan Kades Se-Kota Batu Atas Prestasi Membangun Desa

Gus Halim menuturkan Provinsi Jawa Barat, sejak tahun pertama penyaluran dana desa, untuk 5.312 Desa se-Jawa Barat, hingga 2022 ini, disalurkan dana desa sebesar 38,2 triliun rupiah.

Hasilnya, dapat kita lihat pada capaian Indeks Desa Membangun (IDM) Provinsi Jawa Barat. 

Tahun 2015, Dari 5.312 desa se Jawa Barat, masih ada sebanyak 60 Desa Sangat Tertinggal, 1.356 Desa Tertinggal. 

Sisanya, sebanyak 3.134 desa sudah terindeks desa berkembang, sebanyak 724 desa sudah terindeks desa maju, dan sebanyak 38 desa sudah terindeks desa mandiri.

"Tahun 2022 ini, sebanyak 1.671 desa terindeks Desa Berkembang, sebanyak 2.511 desa terindeks Desa Maju, dan sebanyak 1.130 desa telah terindeks Mandiri," kata Doktor Honoris Causa dari UNY ini.

Baca juga: Mendes PDTT: Dana Desa Bantu Turunkan Angka Kemiskinan dan Pengangguran Terbuka di Indonesia

Khusus di Kota Banjar, yang miliki 16 desa, sejak tahun 2021, seluruh desanya, telah terindeks Mandiri. Dan pada tahun 2022 ini, sebanyak 16 desa di Kota Banjar, dapat pertahankan status, sebagai Desa Mandiri.

Khusus di Kabupaten Cirebon, sepanjang tahun 2015 hingga tahun 2022, total dana desa disalurkan ke 412 desa, sebesar Rp2,9 triliun. 

Hasilnya, Tahun 2015, Kabupaten Cirebon memiliki 2 desa sangat tertinggal, dengan 84 desa tertinggal.

Baru 40 Desa yang terindeks Desa Maju, dan belum ada satupun Desa yang terindeks Mandiri. 

"Tahun 2022, Kabupaten Cirebon, telah bebas desa sangat tertinggal, dan desa tertinggal. Bahkan, telah ada sebanyak 235 desa maju, dan sebanyak 79 desa berhasil terindeks Desa Mandiri," kata Gus Halim.

Baca juga: Gus Menteri: Dana Desa Boleh Digunakan Untuk Apa Saja Terkait Ekonomi dan Pengembangan SDM

Kepada desa-desa terindeks mandiri di Jawa Barat, akan diberikan penghargaan lencana Desa Mandiri yang disematkan oleh Gus Halim 

Kemandirian desa tidak terlepas dan dukungan pemerintah daerah. Karena itu, juga menganugerahi lencana Bakti Desa Utama kepada para Bupati dan Khususnya kepada Wali Kota Banjar yang seluruh Desanya telah berstatus Mandiri.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh peraih penghargaan, semoga ini jadi pelecut semangat untuk lebih baik lagi," kata Gus Halim.

Turut hadir juga dalam acara itu Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid, Bupati Cirebon Imron Rosyadi, Bupati/Wali Kota se-Jawa Barat, Pejabat Tinggi Madya dan Pratama di Lingkungan Kemendes PDTT serta Kepala Desa yang meraih penghargaan.
 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas