Tribun

Gangguan Ginjal

Update Kasus Gangguan Ginjal Akut di Indonesia, Kemenkes: Total Ada 324 Kasus di 28 Provinsi

Kementerian Kesehatan mencatat hingga 6 November 2022, ada 324 total kasus gangguan ginjal akut di 28 provinsi di Indonesia.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Sanusi
zoom-in Update Kasus Gangguan Ginjal Akut di Indonesia, Kemenkes: Total Ada 324 Kasus di 28 Provinsi
dok. menpan.go.id
Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Muhammad Syahril. Kementerian Kesehatan mencatat hingga 6 November 2022, ada 324 total kasus gangguan ginjal akut di 28 provinsi di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan mencatat hingga 6 November 2022, ada 324 total kasus gangguan ginjal akut di 28 provinsi di Indonesia.

"Saat ini yang dirawat sebanyak 27 pasien di rumah sakit di seluruh Indonesia," ungkap Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr Muhammad Syahril pada konferensi pers, Senin (7/11/2022).

Sedangkan pasien yang meninggal sebanyak 195 orang. Dan pasien yang sudah sembuh dari gangguan ginjal akut adalah 102 orang.

Baca juga: Demo Gagal Ginjal Akut, LKMI PB HMI: Kepala BPOM Tidak Punya Kompetensi di Bidang Kesehatan

Syahril pun menyampaikan, angka kematian masih didominasi oleh pasien berusia 1-5 tahun. "Tapi ada juga pasien dari usia 11-18, sebanyak 11 anak yang meninggal," kata dr Syahril.

Telisik Kasus Gagal Ginjal, Bareskrim Dalami Dokumen Hingga Lakukan Uji Lab Sampel Bahan Baku Obat

Tim Gabungan Bareskrim Polri disebut sedang mendalami dokumen dan uji laboratorium atas sampel bahan baku obat sirop yang sebabkan kasus gagal ginjal pada anak.

Pendalaman dokumen dan uji lab ini merupakan tindaklanjut dari penyitaan sampel bahan baku dari PT Afi Farma serta pemeriksaan terhadap 15 staf PT tersebut yang telah dilakukan oleh Bareskrim Polri beberapa waktu lalu di Kediri, Jawa Timur.

Baca juga: Kemenkes: Pasien Sembuh Gagal Ginjal Akut Bisa Pulih 100 Persen

"Saat ini sedang dilakukan pendalaman terhadap dokumen serta uji laboratorium bahan baku yang telah diambil sampelnya," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Nurul Azizah dalam keteranganya, Senin (7/11/2022).

Selain itu dikatakan Nurul, polisi juga tengah melanjutkan penyelidikan terhadap PT UPI yang merupakan produsen obat sirop merk Unibaby.

Baca juga: Kemenkes Sebut Kasus Baru dan Pasien Dirawat Karena Gangguan Ginjal Akut Menurun

Obat sirop unibeby itu diketahui mengandung bahan baku Propilen Glikol (PG) yang diduga menjadi penyebab gagal ginjal pada anak tersebut.

"Diketahui bahan baku obat jenis PG yang digunakan PT UPI didapat dari PT LS, PT BA, dan PT MSAK," sebut Nurul.

"Adapun rencana tindak lanjutnya adalah melakukan pengambilan sampel dan melakukan penyelidikan terhadap suplier bahan baku PG," pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, Polisi telah memeriksa 15 orang saksi dan menyita sejumlah bahan baku dari PT Afi Pharma yang berlokasi di Kediri, Jawa Timur terkait kasus gagal ginjal pada anak, Rabu (2/11/2022) kemarin.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas