Tribun

Hari Pahlawan Nasional

Maknai Hari Pahlawan, Sekjen PDIP Ajak Seluruh Komponen Bangsa Gelorakan Semangat Patriotisme

Sekjen PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengajak seluruh komponen bangsa semakin mengelorakan semangat pahlawan dalam diri masing-masing.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Maknai Hari Pahlawan, Sekjen PDIP Ajak Seluruh Komponen Bangsa Gelorakan Semangat Patriotisme
Fransiskus Adhiyuda
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto bersama jajaran delegasi perwakilan negara Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non-Blok saat berziarah ke Makam Bung Karno, Blitar, Jawa Timur, Kamis (10/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, BLITAR - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengajak seluruh komponen bangsa semakin mengelorakan semangat pahlawan dalam diri masing-masing.

Tak hanya itu, Hasto juga menilai semangat patriotisme harus terus ditularkan kepada seluruh lapirsan masyarakat Indonesia.

Hal itu disampaikan Hasto dalam rangka peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini, Kamis 10 November 2022.

"Ini juga menggelorakan suatu semangat patriotisme, heroisme bagi seluruh komponen bangsa untuk betul-betul berjuang membawa kemajuan bangsanya," kata Hasto usai berziarah ke Makam Bung Karno, Blitar, Jawa Timur, Kamis (10/11/2022).

Hasto kemudian mengungkapkan betapa besarnya jasa para pahlawan saat merebut kemerdekaan RI. Menurutnya, saat itu para pahlawan rela berkorban bertaruh jiwa dan raganya demi memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Tidak bisa bangsa ini dibangun, tanpa jiwa pengorbanan yang telah ditunjukan oleh para Kusuma Bangsa kita," ungkapnya.

Lebih lanjut, Hasto mengungkapkan sosok salah satu pahlawan di Indonesia, yaitu Presiden Pertama RI yang juga Bapak Proklamator Ir. Soekarno yang bisa dijadikan panutan.

Hasto menyebut, jika kepemimpinan Bung Karno tidak hanya dikagumi dan dihormati bangsa Indonesia, namun juga diakui oleh negara-negara dunia.

Baca juga: Hasto Dorong Sektor Pertahanan Rekrut Anak Muda Jenius Demi Kemajuan Bangsa

“Bung Karno selalu hidup dan menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia. Inspirasi bagi kaum tertindas yang haus akan keadilan. Inspirasi bagi rakyat kecil yang mendambakan hidup sejahtera. Semangatnya merupakan penggerak perjuangan, sekaligus tekad bangsa Indonesia untuk berjuang mewujudkan tatanan dunia yang bebas dari segala bentuk penjajahan,” tegas Hasto.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas