Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Wakil Ketua Umum PAN: Menang atau Kalah Pilpres, Politik Akomodasi tetap Berjalan

Viva Yoga Mauladi mengatakan menang atau kalah dalam kontestasi pemilihan pilpres (pilpres), politik akomodasi akan terus berjalan.

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Wakil Ketua Umum PAN: Menang atau Kalah Pilpres, Politik Akomodasi tetap Berjalan
Tribunnews.com/Mario Christian Sumampow
Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi ditemui usai Acara Launching Panggung Demokrasi Kaukus Muda Indonesia (KMI) di Kantor KMI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2022) 

Laporan Wartawann Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi mengatakan menang atau kalah dalam kontestasi pemilihan pilpres (pilpres), politik akomodasi akan terus berjalan.

Hal ini akan terjadi karena menurut Viva, partai politik (parpol) dewasa ini berpikir rasional dalam rangka membangun bangsa bersama-sama.

Hal ini Viva katakan saat jadi pembicara di Acara Launching Panggung Demokrasi Kaukus Muda Indonesia (KMI) di Kantor KMI, Salemba, Jakarta Pusat, Kamis (10/11/2022).

“Tapi saya yakin siapapun yang menang, siapapun yang kalah, proses pollitik akomodasi akan tetap berjalan,” ujar Viva.

Ia lalu mengambil contoh Pilpres 2019 lalu dimana pertarungan antara Presiden Joko Widodo dan Menteri Pertahanan (Menhan) dalam merebut kursi nomor satu RI begitu ketat.

Namun, pada akhirnya, persaingan ini pun pecah ketika Prabowo direkrut masuk dalam Kabinet Inonesia Maju menjadi Menhan.

BERITA TERKAIT

“Bagaimana dulu Prabowo Jokowi seakan dunia mau runtuh, seakan seperti minyak dan air, tapi kemudian terpecahkan ketika Prabowo jadi kabinet di menteri Jokowi,” jelas Viva.

Sehingga, Viva menegaskan ini merupakan hal yang biasa, sebab akomodasi politik menjadi jalan untuk bersama-sama membangun bangsa.

Baca juga: PAN Beberkan Warna Parpol yang Hendak Gabung KIB  

“Ini proses akomodasi politik untuk bangun bangsa bersama-sama, jadi kalau kemudian kalah menang itu biasa. Saya yakin akan ada politik akomodasi dan itu salah satu cara perkuat nation state Indonesia,” tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas