Tribun

Pilpres 2024

PPP Sebut Deklarasi Anies Baswedan oleh FKM di Yogyakarta Tak Ada Kaitannya dengan Partai

FKM merupakan forum yang dibentuk oleh kader dan mantan kader PPP yang juga sebagian di antaranya pernah menjabat sebagai anggota DPR RI.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Willem Jonata
zoom-in PPP Sebut Deklarasi Anies Baswedan oleh FKM di Yogyakarta Tak Ada Kaitannya dengan Partai
Ist
Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani, saat menghadiri Diskusi Media, di kantor PP Muhammadiyah, Jakarta Pusat, Selasa (15/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani buka suara soal deklarasi dukungan dari Forum Kakbah Membangun (FKM) terhadap Anies Baswedan sebagai calon presiden di Jogjakarta, Rabu (16/11/2022).

FKM sendiri merupakan forum yang dibentuk oleh para kader dan mantan kader PPP yang juga sebagian di antaranya pernah menjabat sebagai anggota DPR RI.

Baca juga: Forum Kabah Membangun Deklarasi Dukungan Kepada Anies Baswedan di Yogyakarta

Terkait dengan deklarasi itu, Arsul menyatakan kalau PPP tidak menolak juga tidak merasa keberatan. Sebab, kata dia yang mendeklarasikan Anies itu bukanlah suara partai.

"Bukan, itu nggak perlu juga kemudain kita menjadi marah-marah atau tidak apa. Wong yang deklarasi juga bukan partai kok, yang nama Forum Kakbah Membangun," kata Arsul kepada awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/11/2022).

Tak hanya dari pengurus pusat PPP, konfirmasi tersebut juga kata dia, sudah disampaikan oleh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jogjakarta.

Arsul menyatakan, mereka yang menggelar deklarasi tersebut merupakan para elemen pendukung PPP yang membentuk forum tersendiri.

"Saya baca juga bahwa itu tidak dilakukan oleh DPW PPP Jogja itu dilakukan oleh elemen-elemen pendukung PPP memang juga kader PPP, yang membentuk namanya FKM itu," ucap dia.

Politisi yang kini juga menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI itu juga menyebut, sejauh ini PPP masih kompak dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Golkar dan PAN.

Dengan begitu maka secara tegas Arsul menyatakan, PPP belum memiliki bakal calon presiden atau bakal calon wakil presiden, sebagaimana sikap KIB sejauh ini.

"Sampai hari ini kami kan kompak di KIB tidak ada masalah," tukas dia.

Sebelumnya, Forum Kabah Membangun (FKM) dan Forum Ulama Membangun (FUM) menggelar deklarasi dan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Capres 2024.

Deklarasi tersebut dilaksanakan di Gedung Pacific Hall, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Rabu 16/11/2022).

Meski baru saja dideklarasikan, Forum Ka'bah Membangun langsung menyatakan sikap mendukung Anies maju dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas