Tribun

Jokowi Peragakan Cara Bersalaman dengan Joe Biden dan Xi Jinping di Hadapan Relawan, Tidak Menunduk

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa bangsa Indonesia harus yakin akan kemampuan sendiri.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jokowi Peragakan Cara Bersalaman dengan Joe Biden dan Xi Jinping di Hadapan Relawan, Tidak Menunduk
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Presiden Joko Widodo (Jokowi) peragakan caranya bersalaman dengan para pemimpin G20 saat di KTT G20 beberapa waktu lalu. Jokowi melakukan itu saat berpidato di hadapan puluhan ribu relawannya yang hadir dalam silaturahmi Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpidato di hadapan puluhan ribu relawannya yang hadir dalam silaturahmi Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (26/11/2022).

Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa bangsa Indonesia harus yakin akan kemampuan sendiri.

“Kita harus yakin akan kemampuan kita sendiri. Sekali lagi kita harus yakin akan kemampuan kita sendiri, kita harus percaya diri dan optimis,” kata Jokowi.

Baca juga: Jokowi Ingin di 2045 Indonesia Masuk 5 Negara Ekonomi Terkuat di Dunia

Presiden menceritakan pengalamannya saat memimpin KTT G20 di Bali beberapa waktu lalu.

Pada forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa tersebut, kata Presiden, Indonesia mampu berdiri sejajar dengan negara negara lain.

Presiden lalu mencontohkan saat dirinya bersalaman dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping, dan presiden negara-negara maju lainnya di KTT.

Presiden Jokowi lalu  menyodorkan tangan tanpa menunduk.

“Saya waktu salaman dengan mereka dengan presiden Biden saya salaman juga. Kita negara besar, waktu salaman dengan presiden Xi Jinping, di sana negara besar di sini juga negara besar, saya salaman juga begini (mendongkak) dengan negara-negara besar kita juga tidak menunduk, salaman juga begini,” kata Presisen sambil mencontohkan cara bersalaman.

Presiden mengatakan bahwa bangsa Indonesia harus optimis, berdiri tegak dan mendongkak saat bertemu dengan negara lain.

Hal itu menunjukkan banhwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar.

“Dengan kepala mendongak menunjukkan kita bangsa besar yang benar-benar memiliki keinginan untuk jadi negara maju dengan kerja keras yang tinggi, tanpa lelah, tanpa menyerah. Jangan sedikit-sedikit mengeluh, jangan sedikit-sedikit mengeluh, bukan bangsa pekerja keras namanya. Setuju? Semuanya harus bekerja keras setuju? Semua harus bekerja keras tanpa lelah tanpa menyerah setuju?” ujar Jokowi.

Indonesia Harus Bangga

Pada kesempatan itu Jokowi juga mengatakan bahwa Indonesia harus bangga karena dapat menjaga pertumbuhan ekonomi di tengah kondisi global yang tidak menentu.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas