Tribun

Gempa Berpusat di Cianjur

Rumah Rata dengan Tanah, Korban Gempa Cianjur Tagih Janji Jokowi soal Bantuan: Jangan Ngomong Doang

Rumah hancur rata dengan tanah dan kini trauma, Solihin korban gempa Cianjur tagih janji bantuan Rp 50 juta dari Presiden Jokowi

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Rumah Rata dengan Tanah, Korban Gempa Cianjur Tagih Janji Jokowi soal Bantuan: Jangan Ngomong Doang
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Potret rumah warga di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat yang rusak parah akibat gempa bumi berkekuatan 5,6 SR, Selasa (29/11/2022). (Abdi Ryanda Shakti). 

TRIBUNNEWS.COM, CIANJUR - Korban gempa Cianjur, Jawa Barat yang selamat hingga kini masih memerlukan bantuan terutama soal tempat tinggal.

Hal ini terungkap dari mulut seorang warga Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat bernama Solihin (55).

Rumahnya kini sudah tak terbentuk lagi karena tertimbun tanah lonsoran akibat gempa berkekuatan 5,6 SR pada Senin 21 November 2022 lalu.

"Iya (rumah) hancur, rata dengan tanah, tinggal di pengungsian. Kita mau pindah aja dari desa ini, soalnya kita udah trauma, enggak bakal tinggal disini lagi, walaupun enggak satu kampung lagi kasih aja, dibangun rumah aja," kata Solihin kepada Tribunnews.com, Selasa (29/11/2022).

Dia menagih janji Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) saat mengunjungi lokasi yang terdampak gempa di Cianjur beberapa waktu lalu.

"Harapannya jangan ngomong doang, buktikan. Kemarin pak Jokowi pas dateng bilang mau ngasih 50 juta ayo buktikan," ucap Solihin.

Saat ini, Solihin menyebut banyak warga di Cianjur yang masih membutuhkan bantuan akibat gempa tersebut.

Dia mengatakan hingga hari ke-9 pascagempa, pemberian bantuan dari Pemerintah sendiri masih belum merata.

Apalagi untuk pengungsian warga yang berada di kampung-kampung yang masih sulit mendapatkan bantuan dan hanya bergantung kepada relawan.

"Sampai saat ini aja bantuan dari pemerintah belum nyampe, cuma ini aja dari relawan-relawan saya bisa makan bisa apa, tapi saya bersyukur banget ada yang sudi ngasih kita, cuma kalau dari relawan belum ada," jelasnya.

Baca juga: Gempa Cianjur Kandaskan Keinginan Irma Nurhayati dan Firman Menjadi Pasangan Suami Istri

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) janjikan warga Cianjur yang rumahnya mengalami rusak akibat gempa akan mendapatkan bantuan dana dari pemerintah.

Adapun bantuan itu dikatakan Jokowi tergantung dari tingkat kerusakan rumah warga.

"Nantinya rumah yang rusak ringan, sedang dan berat akan mendapatkan bantuan. Rusak berat Rp 50 juta, sedang Rp 25 juta dan ringan Rp 10 juta," kata Jokowi saat meninjau korban gempa di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (22/11/ 2022).

Selain janjikan bakal memberikan dana bantuan. Jokowi juga mengucapkan belasungkawa terjadinya musibah gempa di Cianjur, Jawa Barat.

"Saya menyampaikan duka cita yang dalam, bela sungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di kabupaten Cianjur, provinsi Jawa Barat,” kata Jokowi.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung Kecamatan Cugenang, dalam kunjungannya ke Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, (24/11/ 2022). Kawasan tersebut diketahui merupakan titik pusat gempa yang melanda Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11) lalu.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung Kecamatan Cugenang, dalam kunjungannya ke Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat, pada Kamis, (24/11/ 2022). Kawasan tersebut diketahui merupakan titik pusat gempa yang melanda Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11) lalu. (Sekretariat Presiden)

Jokowi juga berharap rumah-rumah yang berdampak gempa nantinya bisa menggunakan standar anti gempa.

"Tapi yang penting rumah-rumah yang ditempati ini nantinya diwajibkan memakai standar bangunan anti gempa karena gempa ini dua puluh tahunan sehingga dibutuhkan rumah anti gempa," tutupnya.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas