Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi akan Serahkan Bantuan Langsung Perbaikan 8.000 Rumah yang Rusak Akibat Gempa Cianjur

Jokowi akan menyerahkan bantuan langsung perbaikan rumah bagi korban gempa Cianjur, pada Senin pekan depan.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Jokowi akan Serahkan Bantuan Langsung Perbaikan 8.000 Rumah yang Rusak Akibat Gempa Cianjur
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, dan rombongan mengunjungi warga terdampak gempa bumi di Pos Layanan Psikososial, di halaman SDN 2 Sukamaju, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (24/11/2022). Seusai kunjungannya ke lokasi gempa, Presiden Jokowi menyatakan, pemerintah memastikan akan memberikan bantuan dana rehabilitasi untuk pembangunan dan perbaikan rumah warga yang terdampak gempa bumi Cianjur, yakni bantuan Rp 50 juta untuk rumah yang rusak berat, Rp 25 juta rusak sedang, dan Rp 10 rusak ringan. Bantuan dana rehabilitasi rumah akan diberikan setelah evakuasi selesai dan distribusi bantuan sudah bisa menjangkau ke semua lokasi. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyerahkan bantuan langsung perbaikan rumah bagi korban gempa Cianjur, pada Senin pekan depan.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, (1/12/2022).

“Ganti rugi nanti Insya Allah hari Senin bapak Presiden akan menyerahkan bantuan langsung untuk perbaikan rumah. Mulai dari rusak ringan, sedang, dan berat,” kata Muhadjir.

Jumlah rumah sementara yang akan mendapatkan bantuan perbaikan yakni sebanyak 8.000 rumah.

Baca juga: Menko PMK: Bantuan Korban Gempa Cianjur sudah Menjangkau Korban yang Terisolasi

Pemerintah masih melakukan verifikasi total jumlah rumah yang akan mendapatkan bantuan perbaikan.

“Kalau yang kemungkinan itu sekitar 60 ribu (rumah) baik ringan, sedang, maupun berat. Tapi nanti kan setelah didata kemudian di verifikasi dulu. Dipastikan apakah memang sesuai dengan daftar yang disampaikan dari pihak kelurahan itu memang sesuai,” kata Muhadjir.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan Presiden akan menyerahkan langsung bantuan tersebut sekaligus memberikan semangat kepada warga Cianjur agar lekas pulih dan bangkit dari bencana.

“Kan kalau masyarakat sudah dapat langsung dari pak presiden, kita harapkan masyarakat segera tidak merasa kondisinya bencana lagi, tetapi sudah mulai hidup, mulai bangkit kembali, terutama dari sektor ekonomi kan tidak boleh berlama-lama,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas