Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Sebut Pelantikan KSAL Pengganti Yudo Margono akan Dilakukan Rabu Besok

Jokowi mengatakan pelantikan KSAL pengganti Yudo Margono akan dilakukan Rabu (28/12/2022) esok. Namun belum diketahui sosok KSAL yang baru.

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Nanda Lusiana Saputri
zoom-in Jokowi Sebut Pelantikan KSAL Pengganti Yudo Margono akan Dilakukan Rabu Besok
Tangkapan Layar
Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Barat, pada Selasa, 27 Desember 2022. Jokowi mengatakan pelantikan KSAL pengganti Yudo Margono akan dilakukan Rabu (28/12/2022) esok. Namun belum diketahui sosok KSAL yang baru. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Joko Widodo menyebut pelantikan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) pengganti Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono akan dilakukan besok, Rabu (28/12/2022).

Hal ini disampaikan saat melakukan kunjungan ke Pasar Pujasera, Subang, Jawa Barat pada Selasa (27/12/2022).

“Pelantikan KSAL, InsyaAllah besok. Pelantikannya besok,” ujarnya dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Kendati demikian, Jokowi tidak menjelaskan sosok KSAL pengganti Yudo Margono yang akan dilantik.

Seperti diketahui, Yudo Margono yang sebelumnya menjabat sebagai KSAL telah dilantik menjadi Panglima TNI pada 19 Desember 2022 lalu di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

Yudo menggantikan Andika Perkasa yang telah memasuki masa pensiun per 21 Desember 2022 lalu.

Baca juga: KSP Moeldoko soal KSAL Pengganti Laksamana Yudo Margono: Tunggu Saja, Sebentar Lagi

Pasca dilantiknya Yudo, belum diketahui siapa pengganti dari sosok yang merupakan lulusan Akademi Angkatan Laut (AAL) tahun 1988 tersebut.

BERITA REKOMENDASI

Kendati demikian, seusai pelantikan, Jokowi menyebut pengganti Yudo adalah seorang perwira bintang tiga, bukan bintang dua atau bintang satu.

Sehingga jika merujuk pada pernyataan Jokowi itu ada sembilan perwira bintang tiga AL yang masih aktif pada saat ini baik dari organisasi Angkatan Laut, TNI, maupun kementerian/lembaga.

Sehingga sosok perwira bintang tiga AL saat ini yang kemungkinan ditunjuk menjadi KSAL adalah Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono (Wakil KSAL), Laksamana Madya Herru Kusmanto (Pangkoarmada RI), Laksamana Madya Nurhidayat (Komandan Pushidrosal), Letnan Jenderal (Mar) Suhartono (Komandan Kodiklatal), Laksamna Madya Amarulla Octavian (Rektor Universitas Pertahanan).

Kelima perwira tersebut merupakan rekan satu angkatan Yudo di AAL.

Baca juga: Panglima TNI dan Kapolri Jamin Keamanan Natal dan Tahun Baru 2023, Yudo: Mudah-mudahan Natal Lancar

Sementara ada tiga perwira lain yang merupakan senior dari Yudo yaitu Laksamana Madya Aan Kurnia (Kepala Bakamla), Letnan Jenderal (Mar) Bambang Suswantono (Irjen TNI), dan Laksamana Madya Harjo Susmoro (Sekjen Wantanas).

Selain itu, ada perwira bintang tiga yang merupakan junior Yudo, yaitu Laksamana Madya Muhammad Ali yang menjabat sebagai Pangkogabwilhan I.

Pendapat Pengamat

Panglima TNI sekaligus Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono memberi sambutan saat meresmikan secara simbolis 16 infrastruktur Angkatan Laut di Komando Latihan (Kolat) Koarmada I, Jakarta Utara, Senin (26/12/2022).
Panglima TNI sekaligus Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono memberi sambutan saat meresmikan secara simbolis 16 infrastruktur Angkatan Laut di Komando Latihan (Kolat) Koarmada I, Jakarta Utara, Senin (26/12/2022). (Tribunnews.com/Naufal Lanten)

Pengamat militer, Khairul Fahmi mengungkapkan sosok ideal yang layak menggantikan Yudo sebagai KSAL adalah dari korps pelaut.

“Idealnya pernah menjabat komandan kapla yang merupakan satuan pemukul semisal fregat, korvet, kapal selam maupun Kapal Cepat Rudal (KCR) dan pernah memimpin komando armada,” jelasnya dikutip dari Kompas.com.

Baca juga: Besok, Presiden Dikabarkan Melantik KSAL Baru Pengganti Laksamana Yudo Margono

Hanya saja, sosok yang layak menjadi KSAL selanjutnya adalah hak prerogratif Jokowi selaku presiden serta lewat mekanisme internal TNI.

“Jadi presiden akan memilih dari sederet nama perwira tinggi bintang tiga di jajaran TNI AL yang dinilai paling layak berdasarkan masa aktif, kecakapan, serta kekayaan pengalaman jabatan dan penugasan,” pungkas Khairul.

(Tribunnews.com/Yohanes Liestyo Poerwoto)(Kompas.com/Nirmala Maulana Achmad

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas