Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antisipasi Bencana Karena Cuaca Ekstrem, Polri Imbau Masyarakat Pantau Informasi BMKG

Polri menyatakan bahwa mitigasi potensi bencana alam sudah mulai dilakukan dari tingkat Mabes Polri hingga Polres.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Antisipasi Bencana Karena Cuaca Ekstrem, Polri Imbau Masyarakat Pantau Informasi BMKG
Ist
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyatakan bahwa mitigasi potensi bencana alam sudah mulai dilakukan dari tingkat Mabes Polri hingga Polres di daerah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Polri mengantisipasi adanya cuaca ekstrem saat libur natal dan tahun baru atau Nataru.

Khususnya, potensi adanya bencana alam akibat cuaca ekstrem.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan menyatakan bahwa mitigasi potensi bencana alam sudah mulai dilakukan dari tingkat Mabes Polri hingga Polres di daerah.

"Kita antisipasi tentu baik Mabes Polri maupun jajaran sudah mengantisipasi. Kita juga mengikuti kondisi seperti kita ketahui saat ini di musim penghujan tentu kita akan antisipasi hal tersebut. Mengantisipasi cuaca ekstrem mengantisipasi kemungkinan ada potensi bencana banjir misalnya kita akan kerahkan," kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (28/12/2022).

Ramadhan menjelaskan pihaknya meminta masyarakat memantau informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait antisipasi cuaca ekstrem setiap harinya.

Baca juga: PDIP DPRD DKI Minta Pemprov Jakarta Fokus Hadapi Cuaca Ekstrem, Gembong: Siapa Tahu Sampai Januari

Nantinya, kata dia, pihaknya juga akan memberikan peringatan atau warning terkait daerah yang berpotensi terkena bencana.

BERITA REKOMENDASI

"Kita selain mengikuti pantauan BMKG kita juga memberi warning. Seperti kita bekerjasama beberapa waktu yang lalu misal di penyeberangan Merak Bakauheni sempat terjadi beberapa jam cuaca ekstrem sehingga sempat berhenti penyeberangan hanya beberapa jam," jelasnya.

Lebih lanjut, Ramadhan menambahkan pihaknya juga meminta pengguna jalan agar tak melanjutkan perjalanan jika mendapatkan informasi cuaca buruk.

Baca juga: BMKG Sebut Ada Potensi Cuaca Ekstrem pada 28-30 Desember 2022, Beberapa Daerah Berstatus Siaga

"Tentu mengikuti itu kita mengimbau pengguna jalan untuk tidak melanjutkan. Namun ketika kita mendapat informasi cuaca sudah baik baik lagi, maka kita bisa menyampaikan memberikan informasi para pengguna jalan untuk melintas, itu sebelum natal waktu itu di penyeberangan Merak Bakauheni," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas