Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Survei LSI: Seluruh Lembaga Penegak Hukum Alami Sedikit Peningkatkan Kepercayaan, Kecuali KPK

Hasil survei LSI, kepercayaan masyarakat paling rendah disematkan kepada Kepolisian dan KPK dalam bidang penegakan hukum.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Survei LSI: Seluruh Lembaga Penegak Hukum Alami Sedikit Peningkatkan Kepercayaan, Kecuali KPK
tangkap layar
Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan membeberkan hasi survei terbaru LSI, Minggu (9/4/2023). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbarunya, Minggu (9/4/2023).

Survei turut menyampaikan perihal tingkat kepercayaan masyarakat terhadap penegakan hukum di Indonesia.

Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan menyatakan, dari empat lembaga penegakan hukum khusus di Indonesia, kepercayaan masyarakat paling rendah disematkan kepada Kepolisian dan KPK.

Di mana untuk KPK masyarakat yang sangat percaya hanya 14 persen, cukup percaya 50 persen, kurang percaya 25 persen, dan tidak percaya sama sekali 5 persen.

Sementara untuk Kepolisian masyarakat yang sangat percaya dengan Korps Bhayangkara itu hanya 13 persen, cukup percaya 50 persen, kurang percaya 28 persen, dan tidak percaya sama sekali 6 persen.

Baca juga: Survei LSI: Tingkat Kepercayaan Publik Terhadap Kepolisian Meningkat

Sedangkan untuk lembaga penegak hukum yang tingkat kepercayaannya tinggi yakni TNI dengan 28 persen sangat percaya, 63 persen cukup percaya, Kejaksaan Agung dengan 12 persen sangat percaya, 57 persen cukup percaya dan Pengadilan dengan 11 persen sangat percaya, 57 persen cukup percaya.

BERITA REKOMENDASI

"Jadi kalau dilihat dari semua lembaga ini yang terbawah dalam konteks penegakan hukum yang terbawah adalah KPK dan Kepolisian," kata Djayadi dalam paparannya secara daring, Minggu (9/4/2023).

Hasil Survei dari LSI terkait tingkat kepercayaan masyarakat
Hasil Survei dari LSI terkait tingkat kepercayaan masyarakat terhadap lembaga penegakan hukum di Indonesia, Minggu (9/4/2023).

Dalam hasil survei ini, Djayadi juga turut menyampaikan hasil tren kepercayaan masyarakat selama setahun terakhir mulai Mei 2022.

Baca juga: Survei LSI Denny JA Ungkap Tiga Rapor Merah Pemerintahan Jokowi

Secara umum kata dia posisinya tidak banyak berubah, namun kalau dibandingkan dua bulan terakhir yakni pada Februari 2023 terdapat lembaga hukum yang mengalami kenaikan sedikit yakni Kepolisian.

"Yang sedikit mengalami kenaikan adalah Kepolisian dari 61 menjadi 63 lalu dan kejaksaan agung itu yang mengalami kenaikan sedikit sementara pengadilan mengalami penurunan untuk lembaga penegak hukum," kata dia.

Dari hasil survei itu, Djayadi menyatakan bahwa dari keseluruhan kepercayaan terhadap penegak hukum cenderung stagnan hingga naik sedikit.

Terkecuali KPK kata dia, di mana dalam hasil surveinya nilai kepercayaan masyarakat terhadap KPK merosot empat poin dari 68 ke 64 persen.

"Perbandingan antara empat lembaga penegak hukum khusus, datanya dari yang pertama, secara umum kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum itu kalau gak stagnan mengalami peningkatan sedikit kecuali KPK, KPK mengalami penurunan dari 68 menjadi 64," ucap Djayadi.

Baca juga: Respons Sekjen PDIP, Hasil Survei LSI Sebut Kepercayaan Publik ke DPR dan Partai Politik Rendah

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas