Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Di KTT ASEAN, Jokowi Sebut Ekonomi Global Belum Pulih dan Rivalitas Semakin Tajam

Menurut Jokowi dengan menjaga persatuan, ASEAN tidak hanya dapat berperan sentral dalam pertumbuhan ekonomi, namun juga bisa menjadi motor penggerak

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Di KTT ASEAN, Jokowi Sebut Ekonomi Global Belum Pulih dan Rivalitas Semakin Tajam
Youtube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi memberikan keterangan pers dari lokasi KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT seperti ditayangkan Youtube Sekretariat Presiden pada Senin (8/5/2023). Jokowi mengajak negara-negara Asia Tenggara menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak negara-negara Asia Tenggara menjadikan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan.

Hal itu disampaikan Presiden dalam Pembukaan KTT ASEAN KE-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (10/5/2023).

“Mari bekerja keras menjadikan ASEAN Matters Epicentrum of Growth,” kata Jokowi dalam Pembukaan KTT ASEAN KE-42 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Rabu, (10/5/2023).

Baca juga: Buka KTT ASEAN, Jokowi Sambut PM Timor Leste: Selamat Bergabung di Keluarga ASEAN

Jokowi mengatakan bahwa ekonomi global saat ini belum sepenuhnya pulih. Sementara di satu sisi rivalitas semakin tajam dan dinamika dunia makin tidak terprediksi.

“Dan yang menjadi pertanyaan apakah ASEAN akan menjadi penonton, apakah ASEAN hanya akan diam, dan apakah ASEAN mampu menjadi motor perdamaian dan pertumbuhan,” kata Jokowi.

Jokowi yakin ASEAN bisa mengambil peran dan tidak hanya sebagai penonton, asalkan dapat menjaga persatuan.

Baca juga: Puluhan UMKM Turut Ramaikan KTT ASEAN, Menteri BUMN Erick Thohir: Jadi Ujung Tombak Pondasi Ekonomi

BERITA TERKAIT

Menurut Jokowi dengan menjaga persatuan, ASEAN tidak hanya dapat berperan sentral dalam pertumbuhan ekonomi, namun juga bisa menjadi motor penggerak perdamaian.

“Kita punya side kuat sebagai epicentrum of growth yaitu ekonomi yang tumbuh jauh di atas rata-rata dunia, kemudian bonus demografi, dan kestabilan kawasan yang terjaga,” katanya.

Oleh karena itu presiden berharap ke depan, negara negara ASEAN makin memperkuat integrasi ekonominya, memperkuat kerjasama inklusi, termasuk implementasi Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

“Dan memperkokoh arsitektur kesehatan, pangan, energi, dan stabilitas keuangan,” pungkasnya.

Jokowi akan Pimpin Lima Pertemuan pada KTT Ke-42 ASEAN

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan memimpin seluruh pertemuan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Ke-42 ASEAN yang digelar di Hotel Meruorah, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (10/5/2023).

Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dalam keterangannya di Hotel Meruorah pada Selasa, (9/5/2023).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas