Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Jokowi Akui Bahas Politik Saat Makan Siang Bersama Prabowo Subianto di Istana Bogor

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menjelaskan tentang agenda makan siangnya dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Ahad Kemarin di Istana

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Jokowi Akui Bahas Politik Saat Makan Siang Bersama Prabowo Subianto di Istana Bogor
Instagram/@prabowo
Prabowo Subianto (kiri) santap siang bareng Joko Widodo di Istana Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/6/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menjelaskan tentang agenda makan siangnya dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Minggu (18/6/2023).

Menurut Presiden agendanya dengan Prabowo merupakan hal yang biasa. Ia kerap bertemu dengan para Menteri Kabinet Indonesia Maju di akhir pekan, tidak hanya pada hari kerja.

Hanya saja kata Presiden, pertemuan tersebut ada yang diunggah ke media sosial hingga bisa dilihat publik, ada juga yang tidak.

"Ya itu biasa, saya itu ketemu dengan para menteri, di hari Senin sampe Jumat, tetapi juga di hari Sabtu dan Minggu, biasa. Hanya ada yg diunggah dan tidak diunggah," kata Jokowi usai melakukan peninjauan pabrik smelter PT Freeport Indonesia, di Gresik, Jawa Timur, pada Selasa, (20/6/2023).

Presiden menampik bahwa dirinya lebih sering bertemu Prabowo. Ia mengatakan sebelum makan siang dengan Prabowo, ia juga makan siang dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir dan juga Menteri Koordinator Bidang Investasi dan Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

"Sebelumnya kan saya juga makan dengan pak Ganjar Pranowo. Sebelumnya saya juga makan dengan pak Erick juga. Biasa, sering juga makan malam, makan siang dengan pak Luhut juga sering. Cuman pak Luhut engga diunggah," katanya.

BERITA TERKAIT

Presiden mengatakan agenda makan siang dengan Prabowo atas permintaan Menteri Pertahanan tersebut. Prabowo menyampaikan adanya hal penting yang ingin disampaikan.

"Kemarin karena memang pak Prabowo ingin ketemu dan ingin menyampaikam sesuatu yang penting, ya hari Minggu pun saya jangan dipikir saya tidur loh hari Minggu," katanya.

Presiden Jokowi tidak menampik bahwa pertemuannya dengan Prabowo membahas kondisi politik terkini.

"Ya utamanya politik, saya ngomong apa adanya," pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Istana Bogor, Jawa Barat, pada Minggu, (18/6/2023). Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan bahwa Presiden bertemu dengan Prabowo, untuk makan siang bersama.

"Itu makan siang kemarin jadi kemarin bapak Presiden makan siang bersama bapak Prabowo, jadi bapak Presiden kan memang tinggal di Istana Bogor nah mengetahui pak Prabowo sedang di Bogor juga, di Hambalang, Presiden mengajak makan siang," kata Bey, Senin, (19/6/2023).

Menurut Bey pertemuan antara Presiden Jokowi dengan Menhan di Hari Minggu tersebut, merupakan hal biasa. Presiden Jokowi kerap menerima atau menggelar pertemuan dengan Menteri-menteri di akhir pekan. Ia membantah bahwa Presiden Jokowi sangat sering bertemu Prabowo.

"Ah enggak (sering) dengan menteri-menteri kan biasa. Kalau dengan pak Menhan, dengan menteri-menteri lain biasa di hari Minggu pun kadang-kadang hari Minggu hari Sabtu, bapak Presiden Jokowi biasa bertemu menteri-menteri," katanya.

Baca juga: Prabowo Bicara Soal Makan Siang Bareng Jokowi: Kalau Pemimpin Senyum, Berarti Situasinya Baik

Bey tidak menjawab pasti, mengenai topik apa yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. Yang pasti kata dia, pertemuan membahas isu-isu aktual termasuk masalah Alutsista di Kementerian Pertahanan.

"Pasti masalah-masalah aktual, mungkin juga masalah Alutsista," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas