Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Contoh Khutbah Idul Adha 2023: Ibadah Kurban dan Spirit Hilangkan Egoisme Demi Kemaslahatan Umat

Simak contoh teks khutbah Idul Adha berjudul Ibadah Kurban dan Spirit Menghilangkan Egoisme Demi Kemaslahatan Umat.

Penulis: Enggar Kusuma Wardani
Editor: Nuryanti
zoom-in Contoh Khutbah Idul Adha 2023: Ibadah Kurban dan Spirit Hilangkan Egoisme Demi Kemaslahatan Umat
Freepik
Ilustrasi khutbah - Contoh teks khutbah Idul Adha berjudul Ibadah Kurban dan Spirit Menghilangkan Egoisme Demi Kemaslahatan Umat. Bisa dibacakan setelah sholat Id besok, Kamis (29/6/2023). 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut contoh teks khutbah Idul Adha 2023 yang dapat dibawakan setelah sholat Id besok, Kamis (29/6/2023).

Contoh teks khutbah Idul Adha 2023 ini berjudul 'Ibadah Kurban dan Spirit Menghilangkan Egoisme Demi Kemaslahatan Umat'.

Dalam contoh teks khutbah Idul Adha 2023 ini memuat materi terkait pelaksanaan ibadah kurban bagi umat muslim.




Selain itu, juga terdapat pengingat bahwa dengan kurban diharapkan dapat menghilangkan egoisme demi kemaslahatan umat.

Lebih lengkapnya berikut contoh teks khutbah Idul Adha dikutip dari Aplikasi Pusaka Kementerian Agama (Kemenag).

Khutbah Pertama

Baca juga: 6 Amalan Sunnah dan Tata Cara Sholat Idul Adha, Berikut Bacaan Niat dalam Tulisan Arab serta Latin

‫اَلْحَمْدُ لِلّٰهِ الَّذِيْ يَـخْلُقُ مَا يَشَاءُ وَيَـخْتَارُ، أَحْمَدُهُ سُبْحَانَهُ الْوَاحِدُ الْعَزِيْزُ الْغَفَّارُ، وَأَشْهَدُ أَنْ لَّا اِلٰهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ إِمَامُ الْمُتَّقِيْنَ وَقُدْوَةُ الْأَبْرَارِ، اَللّٰهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ، صَلَاةً دَائِمَةً مَّا تَعَاقَبَ اللَّيْلُ وَالنَّهَارُ.‬
‫أَمَّا بَعْدُ: فَيَا إِخْوَةَ الْإِسْلَامِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ عَزَّ وَجَلَّ الْقَائِلِ فِي مُحْكَمِ كِتَابِهِ: إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ، فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ، إِنَّ شَانِئَكَ هُوَ الْأَبْتَـرُ‬

BERITA TERKAIT

Jamaah Sholat Idul Adha rahimakumullah

Mengawali khutbah Idul Adha pagi ini, tiada kata yang pantas terucap kecuali rasa syukur ke hadirat Allah Swt yang senantiasa memberikan nikmat yang tak terhingga sehingga kita masih dapat melaksanakan segenap perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Inilah substansi ketakwaan yang juga menjadi wasiat utama khatib pada siang ini. Wasiat takwa ini pula yang senantiasa ditekankan oleh Nabi Muhammad saw., ittaqillaaha haitsu maa kunta, bertakwalah kepada Allah dalam kondisi apa pun.

Mari kita kirimkan salawat dan salam kepada beliau, keluarga, sahabat, serta pengikutnya hingga akhir zaman.

Jamaah Idul Adha rahimakumullah

Salah satu ibadah yang disyariatkan pada hari raya Idul Adha ini adalah menyembelih hewan kurban. Syariat ini merupakan kelanjutan dari ajaran yang dibawa oleh Nabi Ibrahim a.s. dan putranya, Nabi Ismail a.s.

Telah mafhum dalam ingatan kita narasi kisah pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail. Betapa Nabi Ibrahim a.s. dengan kerelaan mengorbankan putra tercintanya demi ketaatan kepada Allah Swt. Alhasil, Allah SWT. mengganti putra yang dicinta dengan seekor hewan ternak.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas