Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud Sebut Pengkaderan Radikalisme Menjamur di Lembaga Pendidikan, Cirinya Menentang Pemerintah

Mahfud MD menyebut pengkaderan radikalisme mulai menjamur di lembaga pendidikan. Mereka menyusupi pemahaman sesat itu memalui jalur pendidikan

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Mahfud Sebut Pengkaderan Radikalisme Menjamur di Lembaga Pendidikan, Cirinya Menentang Pemerintah
Tribunnews.com/ Fahmi Ramadhan
Mahfud Sebut Pengkaderan Radikalisme Menjamur di Lembaga Pendidikan, Cirinya Menentang Pemerintah 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menyebut pengkaderan radikalisme mulai menjamur di lembaga pendidikan. Mereka menyusupi pemahaman sesat itu memalui jalur pendidikan.

Hal itu disampaikan Mahfud dalam Peluncuran Tren dan Capaian Pencegahan dan Penangunggalangan Extremisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah Pada Terorisme Tahun 2023 di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu (5/7/2023).

"Sekarang ini ada penyusupan-penyusupan tadi disebutkan pengkaderan radikalisme atau radikalisasi di berbagai lembaga pendidikan ini sekarang masuk," kata Mahfud.




Ia mengakui bahwasanya pelaku tindak pidana terorisme telah mulai berkurang signifikan. Akan tetapi, paham radikalisme justru terus berkembang di lembaga pendidikan.

"Sekarang itu sudah banyak orang dikader dari kampus, dari pesantren, dari sekolah-sekolah dimana orang ditimbulkan sikap radikalnya," jelasnya.

Lalu, Mahfud pun mengungkap sikap radikalisme yang dimaksudkan yang kini menerpa lembaga pendidikan. Dia bilang, banyak peserta didik kini terpapar ideologi menentang pemerintah hingga pancasila. 

Baca juga: Mahasiswa Kedokteran Unhas Dilaporkan Hilang, Keluarga Khawatir Ikut Organisasi Radikal

"Sikap radikal itu artinya sikap tidak setuju terhadap ideologi, menentang pemerintah, menentang ideologi Pancasila, menentang NKRI dan seterusnya dan seterusnya," pungkasnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas