Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

ESG Jadi Fokus Perhatian, Perusahaan Asuransi Ini Diganjar Penghargaan ESG Initiatives of the Year

Sampah-sampah yang tidak terkelola dengan baik di daratan berujung terbawa ke sungai hingga berakhir di lautan.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in ESG Jadi Fokus Perhatian, Perusahaan Asuransi Ini Diganjar Penghargaan ESG Initiatives of the Year
HO
Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia, Clement Lien Cheong Kiat di Marina Bay Sands Expo & Convention Centre, Singapura belum lama ini. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Data resmi terbaru dari Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (SIPSN), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia menunjukkan bahwa jumlah timbunan sampah di Indonesia per akhir 2022 mencapai 18,8 juta ton dan 4,2 juta ton di antaranya tidak berhasil terkelola dengan baik.

Sampah-sampah yang tidak terkelola dengan baik di daratan berujung terbawa ke sungai hingga berakhir di lautan.

Jika kondisi ini tidak tertangani, KLHK pun memperkirakan pada 2030, jumlah sampah (khususnya sampah plastik) di lautan akan mencapai hingga 53 juta metrik ton per tahun.

Baca juga: Perlu Strategi dan Kolaborasi yang Tepat untuk Tekan Produksi Sampah Makanan

Pada 2050, sampah plastik akan mendominasi daripada ikan di lautan—tentunya ini berpengaruh pada konsumsi air bersih masyarakat.

Melihat hal ini, seiring dengan peringatan Sustainability Day pada 26 Oktober 2022, Great Eastern Life Indonesia berkolaborasi dengan Saya Pilih Bumi memulai rangkaian campaign Reach for a Greener Tomorrow yang bertujuan untuk mengajak masyarakat Indonesia memulai gaya hidup tanpa sampah (zero waste).

Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia, Clement Lien Cheong Kiat mengatakan, rangkaian campaign Reach for a Greener Tomorrow diwujudkan lewat berbagai konten edukasi di media sosial dan Instagram Live yang berisi tips menerapkan gaya hidup zero waste hingga menggelar talkshow offline yang turut menghadirkan para pegiat lingkungan bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional pada 21 Februari 2023.

BERITA TERKAIT

"Sebagai wujud nyata dalam membantu masyarakat untuk konsisten menerapkan gaya hidup zero waste—setidaknya dengan memulai untuk tidak menggunakan kantong plastik sekali pakai, kami dan Saya Pilih Bumi membagikan 5.000 kantong belanja ramah lingkungan kepada masyarakat Indonesia lewat bantuan 21 komunitas pegiat lingkungan," kata Climent dalam keterangannya, Kamis (3/8/2023).

Dikatakan Climent, kantong belanja itu pun dibuat dengan bahan daur ulang oleh masyarakat lokal sehingga juga dapat membantu peningkatan ekonomi masyarakat.

Berbagai langkah yang dilakukan Great Eastern Life Indonesia mendapatkann apresiasi salah satunya penghargaan ESG Initiatives of the Year – Indonesia dalam Insurance Asia Award 2023—penghargaan bergengsi skala Asia Pasifik.

Great Eastern Life Indonesia menjadi satu-satunya perusahaan asuransi di Indonesia yang dianugerahi ESG Initiatives of the Year ini.

Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Clement Lien Cheong Kiat, Presiden Direktur Great Eastern Life Indonesia di Marina Bay Sands Expo & Convention Centre, Singapura belum lama ini.

"Penghargaan menjadi bukti keberhasilan upaya Great Eastern Life Indonesia dalam komitmennya untuk menerapkan ESG (Environment, Social, dan Governance/ESG) di dalam proses bisnis," kata Climent.

Dikatakannya, inisiatif keberlanjutan perusahaan asuransi ini berlandaskan pada tiga pilar ESG tidak terlepas dari entitas dan tanggung jawab perusahaan asuransi jiwa yang ada dan tumbuh di tengah-tengah lingkungan dan masyarakat.

"Penghargaan memotivasi kami menciptakan program-program yang dapat memberikan dampak keberlanjutan untuk lingkungan dan masyarakat dan meneruskan inisiatif ini sehingga dapat membantu menciptakan masa depan Indonesia yang lebih hebat, Reach for a Greater Tomorrow," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas