Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Diundang BEM UI Adu Gagasan, Jubir Anies: Langkah Awal Cari Jawaban Keresahan Kelompok Muda

Surya Tjandra, jubir Anies menyebut pihaknya menyambuk baik tantangan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) untuk adu gagasan. 

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Diundang BEM UI Adu Gagasan, Jubir Anies: Langkah Awal Cari Jawaban Keresahan Kelompok Muda
Kementerian ATR/BPN
Surya Tjandra - Diundang BEM UI Adu Gagasan, Jubir Anies: Langkah Awal Cari Jawaban Keresahan Kelompok Muda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Surya Tjandra, juru bicara bakal calon presiden (bacapres) dari Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) Anies Baswedan menyebut pihaknya menyambuk baik tantangan Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) untuk adu gagasan. 

Hal ini lantaran, tim dari Anies sendiri menyasar dan berfokus pada kelompok milenial dan pekerja muda yang saat ini situasinya disebut Surya sangat rentan. 

“Tentu ini tantangan yang dengan senang hati diterima pak Anies, beliau kan guru dan pendidik. Kami di tim Anies juga sedang giat menyasar kelompok milenial dan pekerja muda yang memang rentan sekali situasinya saat ini,” ujar Surya, Jumat (25/8/2023).

Saat ini tantangan kelompok muda semakin serius dalam posisi sebagai generasi sandwich atau mereka yang punya peran ganda dalam urusan keuangan karena harus membiayai tiga generasi: dirinya sendiri, orang tua, dan anak.

“Kami ikut merasakan tantangan generasi muda sekarang dihantui oleh generasi sandwich yang semakin serius, karena Indonesia sudah masuk masyarakat tua. di mana angka harapan hidup Indonesia meningkat,” jelasnya. 

Sementara umur pensiun pegawai negeri sipil (PNS) masih di angka 57 hinga 58 dan umur pensiun swasta semakin tidak jelas disebabkan sistem outsourcing makin mendominasi.

Hal itu, jelas Surya, membuat beban yang dipikul oleh angkatan kerja usia muda sangat berat. Pihaknya juga semakkin susah dallam mencari pekerjaan karena bersaing dengan kemajuan teknologi, aturan baru, hingga upah minimum yang rendah.

BERITA REKOMENDASI

“Dan kemudian harus menanggung hidup orang tua yang usia pensiunnya tidak mengikuti kenaikan angka harapan hidup,” tutur Surya.

Atas kekhawatiran itulah kenapa Anies dan timnya menyambut baik tantangan BEM UI. Sebab pihaknya melihat hal ini merupakan langkah awal baik untuk mencari jawaban atas keresahan terhadap kelompok muda. 

“Itu beberapa hal yang jadi keprihatinan kami, dan pak Anies sangat peduli dengan soal-soal ini. Beliau berharap tantangan BEM UI ini jadi awal baik untuk kita semua sama-sama mencari jawaban,” tandasnya. 

Baca juga: KPU Persilakan BEM UI Undang Debat Anies Ganjar dan Prabowo ke Kampus

Sebagaimana diketahui, BEM UI mengundang tiga bakal calon presiden (capres), yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan untuk beradu gagasan pada 14 September 2023.

Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengatakan ketiganya sudah menyatakan siap memenuhi undangan itu untuk beradu gagasan.

"Untuk itu, kami akan melangsungkan program adu gagasan tiap bacapres ini pada 14 September 2023 nanti," kata Melki dalam keterangannya, Rabu.

Tantangan ini lahir menyusul putusan MK yang diketok pada 15 Agustus 2023 lalu.

MK mengabulkan gugatan terhadap UU Nomor 7 Tahun 2017, khususnya Pasal 280 ayat (1) huruf h. 

Konsekuensinya, kampanye di tempat ibadah dilarang total. Namun peserta pemilu tetap dapat hadir di tempat pendidikan dan fasilitas pemerintah asalkan tanpa atribut kampanye dan atas undangan pihak yang bertanggung jawab.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas