Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pengelola Museum Nasional:Koleksi Repatriasi Asal Belanda Aman, Sebagian Replika Prasejarah Terbakar

Ahmad Mahendra memastikan sejumlah koleksi repatriasi yang berasal dari Belanda dalam kondisi aman pasca kebakaran Sabtu (16/9/2023) kemarin.

Penulis: Fahmi Ramadhan
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Pengelola Museum Nasional:Koleksi Repatriasi Asal Belanda Aman, Sebagian Replika Prasejarah Terbakar
Tribunnews.com/Fahmi Ramadhan
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahmi Ramadhan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB) Ahmad Mahendra memastikan sejumlah koleksi repatriasi yang berasal dari Belanda dalam kondisi aman pasca kebakaran Sabtu (16/9/2023) kemarin.

Mahendra menuturkan, amannya koleksi repatriasi asal Belanda itu lantaran pada saat kebakaran objek tersebut disimpan jauh dari lokasi terdampak.

"Koleksi hasil repatriasi dari Belanda dipastikan tidak terdampak karena disimpan di lokasi yang jauh dari lokasi kebakaran," kata Mahendra kepada wartawan di Museum Nasional, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023).

Adapun disebut Mahendra lokasi yang mengalami kebakaran sebanyak 6 ruangan yang dimana ruangan tersebut seluruhnya berada di area Gedung A.

Pihaknya pun disebut Mahendra saat ini masih melakukan upaya pengukuran dampak dan rencana lebih lanjut pasca insiden kebakaran yang terjadi.

"Ada 6 ruangan di Gedung A yang terdampak, sedangkan 15 ruangan lainnya di gedung A serta ruangan B dan C sama sekali tidak terdampak. Sebagian koleksi yang terdampak adalah replika seperti di bagian prasejarah," ujarnya.

Puslabfor Polri Lakukan olah TKP

BERITA TERKAIT

Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) pada lokasi kebakaran di Museum Nasional, Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023).

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin mengatakan, bahwa olah TKP itu merupakan tindaklanjut atss peristiwa kebakaran yang terjadi Sabtu (16/9/2023) malam kemarin.

"Hari ini ada (olah TKP lanjutan). Tindak lanjut sudah dari semalam kita tindaklanjuti. Kalo penyebabnya ya belum, kan masih menunggu hasil labfor," ujar Komarudin ketika dikonfirmasi, Minggu (17/9/2023).

Dalam olah TKP hari ini, lanjut Komarudin, polisi melibatkan beberapa stakeholder guna mengetahui pemyebab kebakaran itu terjadi.

Salah satu pihak yang dilibatkan yakni tim yang ditunjuk oleh pengelola Museum Nasional.

"Hari ini akan turun Tim Labfor. Ada tim yang memang nanti ditunjuk dari pengelola museum," jelasnya.

Adapun dalam insiden ini, Komarudin menerangkan bahwa kebakaram itu melanda area Gedung A Musem Nasional.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas