Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mentan Amran Lapor ke Presiden soal Keluhan Petani: Kalau Tak Ada Pupuk, Itu Tanda Produksi Turun

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menekankan pentingnya menyelesaikan keluhan para petani, terutama soal pupuk.

Penulis: Reza Deni
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Mentan Amran Lapor ke Presiden soal Keluhan Petani: Kalau Tak Ada Pupuk, Itu Tanda Produksi Turun
Capture video Sekretariat Presiden
Andi Amran Sulaiman dilantik menjadi Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL, Rabu (25/10/2023) pagi. Amran Sulaiman menekankan pentingnya menyelesaikan keluhan para petani, terutama soal pupuk. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman menekankan pentingnya menyelesaikan keluhan para petani. Hal itu dikatakannya kepada Presiden Joko Widodo sebelum pelantikan dirinya sebagai Mentan

"Terpenting di sini adalah bagaimana selesaikan masalah petani, apa keluhan petani, satu saja kami laporkan ke pak Presiden kemarin, bilamana petani berteriak tidak ada pupuk itu artinya tanda-tanda produksi akan turun," kata Amran di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (25/10/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023) pagi.
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023) pagi. (Tribunnews.com/Taufik Ismail)

Namun, sebelum memasuki inti masalah tersebut, Amran mengatakan dirinya ingin melakukan konsolidasi terlebih dulu setelah pelantikan ini.

"Sebelumnya kami akan konsolidasi langsung siang ini rapat bersama eselon 1,2,3. Siang ini pukul 13.00 WIB, insyaallah kita sudah rapat," pungkasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (25/10/2023) pagi.

Pelantikan Amran sebagai Mentan dilakukan berdasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 101/P Tahun 2023 tentang Pengangkatan Menteri Pertanian Kabinet Indonesia Periode Tahun 2019-2024.

Selanjutnya, Presiden mengambil sumpah jabatan Mentan Kabinet Indonesia Maju untuk sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024 tersebut yang dilantik pada hari ini.

BERITA REKOMENDASI

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Presiden mendiktekan sumpah jabatan.

Baca juga: Sah Dilantik Jadi Mentan, Andi Amran Sulaiman 2 Kali Jadi Menteri di Pemerintahan Jokowi

Usai membacakan sumpah jabatan, Amran dan Presiden Jokowi lalu menandatangani berita acara pelantikan.

Turut hadir dalam acara pelantikan tersebut yakni: Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAU Marsekal Fadjar Prasetio, KSAL Muhammad Ali, Menkopolhukam Mahfud Md, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas