Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

BPJPH Pastikan Label Halal Produk yang Terafiliasi Israel Tidak Dicabut

Aqil menyebutkan, BPJPH maupun MUI sendiri tidak memiliki daftar produk-produk yang terafiliasi dengan Israrel itu

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in BPJPH Pastikan Label Halal Produk yang Terafiliasi Israel Tidak Dicabut
Tribunnews/Rahmat Fajar Nugraha
Ketua Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Aqil Irham menuturkan, label produk halal pada produk yang terafiliasi dengan Israel tidak akan dicabut 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Aqil Irham menuturkan, label produk halal pada produk yang terafiliasi dengan Israel tidak akan dicabut.

"Enggak dicabut. Ga jadi haram. Produknya Kalau sudah halal ya tetap halal," tutur Aqil dalam kegiatan di JIEXPO, Kemayoran, Jumat (18/11/2023).

Ia menerangkan bahwa substansi Fatwa MUI itu bukan mengharamkan produknya melainkan tindakan membelinya.

"Diimbau untuk tidak membeli produk-produk atau menghindarinya produk-produk yang secara nyata-nyata itu mendukung maupun langsung atau tidak langsung mendukung agresi Israel ke Palestina," lanjut dia. 

Baca juga: BREAKING NEWS: KH Anwar Iskandar Resmi Jadi Ketua Umum MUI

Lebih jauh Aqil menyebutkan, BPJPH maupun MUI sendiri tidak memiliki daftar produk-produk yang terafiliasi dengan Israrel itu.

"Enggak ada. Kita enggak punya daftarnya. BPJPH sertifikasi kita berdasarkan jenis produk. Masak kita lihat, memang ada nempel ini produk dari mana dari mana. Sudah halal," ungkap dia.

BERITA TERKAIT

Kedepan, diharapkan masyarakat bisa lebih selektif dalam memilih produk yang akan digunakan bukan sekedar membabi buta semua produk diboikot misalnya.

"Jadi masyarakat harus lebih cerdas melihat yang mana yang produk-produk Israel, maupun produk-produk perusahaan yang mendukung langsung atau tidak langsung terhadap agresi israel itu," kata Aqil.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas