Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Antisipasi Lonjakan Covid-19, KSAL Tekankan Prokes, Vaksinasi hingga Siapkan Faskes

Wira mengatakan fasilitas kesehatan Angkatan Laut telah siap untuk mengantisipasi hal tersebut.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Antisipasi Lonjakan Covid-19, KSAL Tekankan Prokes, Vaksinasi hingga Siapkan Faskes
Tribunnews.com/Gita
Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali bersama Laksda Yayan Sofiyan dan Laksda Edwin usai upacara serah terima jabatan Panglima Kolinlamil di Mako Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara pada Minggu (21/5/2023). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali menyampaikan empat poin penekanan kepada jajarannya menindaklanjuti Surat Telegram (ST) Markas Besar TNI terkait antisipasi lonjakan kasus covid-19.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama IM Wira Hady AW mengatakan penekanan pertama agar melaksanakan pemantauan kembali terhadap anggota TNI Angkatan Laut beserta keluarganya yang memiliki gejala-gejala yang mengarah kepada covid-19 dan mycoplasma pneumonia.

Kedua, kata dia, melaksanakan kembali protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan, memakai masker, dan tetap waspada dengan selalu menjaga jarak.

Baca juga: Mabes TNI Terbitkan Surat Telegram Terkait Lonjakan Kasus Covid-19, Prajurit Diimbau Taati Prokes

Ketiga, lanjut Wira, melaksanakan skrining rapid tes covid-19 terhadap anggota TNI Angkatan Laut beserta keluarganya apabila terdapat gejala-gejala covid-19.

"Keempat, penekanan kembali vaksinasi bagi yang belum mendapatkan vaksin covid-19 dosis 1, dosis 2, booster 1, dan 2. Ini juga kita teruskan melalui Penerangan Pasukan untuk disampaikan ke seluruh jajaran TNI Angkatan Laut," kata Wira saat dihubungi Tribunnews.com pada Jumat (15/12/2023).

Wira mengatakan fasilitas kesehatan Angkatan Laut telah siap untuk mengantisipasi hal tersebut.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan fasilitas kesehatan di jajaran TNI AL siap melayani personel TNI AL dan keluarganya yang terdampak lonjakan kasus covid-19.

"Untuk fasilitas (kesehatan) karena kita sudah menghadapi ini seluruh fasilitas kesehatan Angkatan Laut untuk menangani, membantu, juga memantau, serta melaksanakan penekanan Bapak KSAL untuk menghadapi atau melayani personel TNI AL dan keluarganya yang terdampak," kata Wira.

Wira mengatakan sampai saat ini belum ada laporan terkait dengan anggota atau keluarga anggota TNI AL yang terkena covid-19.

Namun demikian, ia akan menginformasikan lebih lanjut apabila nantinya sudah mendapatkan laporan.

"Alhamdulillah, sejauh ini belum ada laporan. Untuk informasinya sekiranya ada laporan kami infokan," kata dia.

Mabes TNI Keluarkan Surat Telegram

Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI) menerbitkan Surat Telegram (ST) terkait penyebaran dan penularan Covid-19.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas