Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Cuaca Hari Ini - BMKG: DKI Jakarta Potensi Hujan yang Disertai Angin pada Rabu, 24 Januari 2024

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Rabu (24/1/2024) wilayah DKI Jakarta berpotensi hujan yang dapat disertai angin.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Cuaca Hari Ini - BMKG: DKI Jakarta Potensi Hujan yang Disertai Angin pada Rabu, 24 Januari 2024
Freepik
Ilustrasi cuaca hujan - BMKG peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Rabu (24/1/2024) wilayah DKI Jakarta berpotensi hujan yang dapat disertai angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Rabu (24/1/2024).

Dikutip dari laman resmi BMKG, Siklon Tropis Anggrek masih terpantau di Samudra Hindia barat daya Bengkulu dengan kecepatan angin maksimum 35 knots, tekanan 1001 hPa, dan pergerakan ke arah selatan, menjauhi wilayah Indonesia.

Siklon tropis ini membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) dan menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) di Samudra Hindia barat daya Bengkulu, sekitar siklon tropis.

Dalam 24 jam, intensitas Siklon Tropis Anggrek diprakirakan meningkat.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudera Hindia barat Sumatra Barat yang membentuk daerah perlambatan kecepatan angin (konvergensi) memanjang dari Perairan barat Bengkulu hingga Sumatera Utara dan daerah pertemuan angin (konfluensi) di Riau dan Selat Karimata.

Daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Laut China Selatan hingga Semenanjung Malaysia, dari Malaysia hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Tenggara, dari Laut Jawa hingga Laut Flores, dari Laut Sulawesi hingga Laut Maluku, dari Teluk Cenderawasih hingga Papua, dari laut Arafura hingga Papua Nugini, di Samudra Hindia selatan NTT, dan di Teluk Carpentaria.

Sementara itu, daerah konfluensi terpantau berada di Laut Flores, Laut Banda, Maluku, Laut Timor, dan Papua.

BERITA TERKAIT

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi/konfluensi tersebut.

Kemudian, peningkatan kecepatan angin hingga mencapai >25 knot, terpantau di Laut China Selatan, Seat Makassar, laut Flores, Laut Timor, Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga NTT, dan Laut Arafura, yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di wilayah perairan sekitarnya.

Simak inilah beberapa wilayah yang berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang, dikutip dari bmkg.go.id:

Baca juga: Cuaca Jabodetabek Hari Ini, Rabu, 24 Januari 2024, BMKG: Wilayah Tangerang Potensi Hujan Ringan

Rabu, 24 Januari 2024

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas