Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Lewat Realisasi APBN, Pemerintah Berkomitmen Jadikan UMKM Sebagai Tuan Rumah di Negeri Sendiri

Pemerintah terus berkomitmen untuk menjadikan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Lewat Realisasi APBN, Pemerintah Berkomitmen Jadikan UMKM Sebagai Tuan Rumah di Negeri Sendiri
ist
Direktur Legal and Corporate Affairs Kideco Arif Kayanto (kanan) sedang meninjau kesiapan booth pameran UMKM binaan Kideco dalam rangkaian acara Bina Mitra UMKM Award 2024. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) harus didukung sepenuhnya. Staf Ahli Kementerian Perindustrian bidang Peningkatan Kemampuan Industri Dalam Negeri, Ignatius Warsito, mengatakan, pemerintah berkomitmen untuk memajukan UMKM, salah satunya, dengan memberikan keistimewaan terhadap UMKM dalam realisasi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara).

“Sesuai dengan arahan Presiden, UMKM dalam konteks TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) diberikan privilege untuk masuk lebih dalam pada realisasi APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara). Beberapa kali business matching yang dilakukan untuk mendorong keterlibatan UMKM ini sangat menggembirakan terutama di level Kabupaten Kota dan Provinsi,”

Dalam sambutannya di acara Bina Mitra UMKM Award 2024, yang diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development (CFCD), di Hotel Bidakara Jakarta Selatan, Sabtu, (29/06/2024), Ignatius Warsito mengatakan bahwa pemerintah berkomitmen untuk menjadikan UMKM sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

“Kami di Kementerian Perindustrian siap mendukung untuk mewujudkan UMKM kita sebagai tuan rumah di negeri sendiri,” ujarnya.

Bina Mitra UMKM Award 2024 diberikan kepada Perusahaan/Lembaga/Organisasi yang telah berkontribusi dan ikut berperan dalam mendukung pengembangan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) di Indonesia, agar dapat berkontribusi lebih besar dalam perekonomian dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas serta memperkuat struktur perekonomian nasional. Penghargaan juga diberikan kepada UMKM Binaan Perusahaan atau Lembaga maupun Organisasi yang telah “Naik Kelas,” dan Pendamping UMKM.

Dalam sambutannya Ketua Umum, CFCD, Thendri Supriatno menyampaikan bahwa peran UMKM harus ditingkatkan, baik di tingkat perdagangan nasional, maupun perdagangan global.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian upaya dalam rangka meningkatkan peran penting UMKM dalam perdagangan nasional dan global serta memperkuat ekosistem rantai pasok yang tangguh dan kompetitif,” ujarnya.

BERITA TERKAIT

Pada ajang tersebut, PT Kideco Jaya Agung (Kideco), anak perusahaan energi terintegrasi PT Indika Energy Tbk, berhasil meraih penghargaan. Kideco berhasil meraih penghargaan Gold sebagai Pembina UMKM dan Pendamping UMKM Terbaik 2 yang diberikan kepada Iffah Saaidah selaku CSR Community Development & Economy Section Head Kideco.

Pada kesempatan yang sama, UMKM Binaan Kideco yaitu Bakpia Sari Berkah dan Buen Were Paser juga menerima penghargaan dengan level Platinum dan Gold.

Direktur Legal and Corporate Affairs Kideco, Arif Kayanto, menyampaikan bahwa Kideco berkomitmen untuk memajukan UMKM.

Menurutnya, saat ini Kideco memiliki 40 UMKM binaan yang merupakan upaya meningkatkan ekonomi Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, di lokasi operasi Kideco.

“Kideco terus mewujudkan komitmennya untuk menciptakan kemandirian masyarakat di area operasionalnya. Salah satunya dilakukan dengan turut mendukung pengembangan UMKM,” ujar Arif Kayanto. (*)

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas