Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

417 Perwira TNI AD Ikuti Tradisi Penerimaan, Peraih Adhi Makayasa 2024 Cium Panji Kartika Eka Paksi

417 Perwira Remaja TNI Angkatan Darat (AD) Abituren Akademi Militer (Akmil) Tahun 2024 mengikuti tradisi penerimaan

Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
zoom-in 417 Perwira TNI AD Ikuti Tradisi Penerimaan, Peraih Adhi Makayasa 2024 Cium Panji Kartika Eka Paksi
Tribunnews.com/ Gita Irawan
417 Perwira Remaja TNI Angkatan Darat (AD) Abituren Akademi Militer (Akmil) TA 2024 mengikuti tradisi penerimaan di Markas Besar TNI AD Jakarta Pusat pada Selasa (16/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - 417 Perwira Remaja TNI Angkatan Darat (AD) Abituren Akademi Militer (Akmil) Tahun 2024 mengikuti tradisi penerimaan di Markas Besar TNI AD Jakarta Pusat, Selasa (16/7/2024).

Rangkaian tradisi tersebut di antaranya pembacaan Ikrar Perwira Remaja dan penciuman panji kebesaran TNI AD Kartika Eka Paksi.




Peraih Adhi Makayasa atau lulusan terbaik abituren Akmil 2024 yakni Letda Infanteri I Made Aditya Wahyu Palguna tampil mewakili angkatannya di hadapan para petinggi Mabes TNI AD dan orang tua serta keluarga para perwira remaja yang hadir dalam acara tersebut.

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan dalam amanatnya mengucapkan selamat datang kepada seluruh perwira remaja di lingkungan Mabes TNI AD dan selamat bertugas di jajaran TNI AD.

Ia menjelaskan acara tradisi penerimaan Perwira Remaja merupakan bagian dari pembinaan satuan yang bertujuan memupuk solidaritas, menumbuhkan rasa bangga, menjaga kehormatan, meningkatkan semangat juang, dan membentuk karakter sesuai jati diri prajurit.

Baca juga: Anak Jurnalis yang Tewas Terbakar di Karo Usai Beritakan Judi Laporkan Koptu HB ke Puspom TNI AD

Jati diri yang dimaksud yakni sebagai tentara pejuang, tentara rakyat, tentara nasional dan tentara profesional.

BERITA TERKAIT

"Melalui tradisi penghormatan dan penciuman panji-panji Kartika Eka Paksi diharapkan para Perwira Remaja dapat menghayati dan tertanam rasa memiliki, mencintai serta bertanggung jawab terhadap nama baik TNI Angkatan Darat. Sehingga tergerak niat dan tekad untuk berbuat yang terbaik bagi satuan," kata dia.

"Masyarakat dan bangsa dan negara sangat berharap dengan pengabdian para perwira prajurit sekalian. Dengan tradisi ini maka secara formal para perwira remaja telah menjadi bagian dari TNI Angkatan Darat," sambung dia.

Baca juga: 300 Prajurit Arhanud Batalyon 1 TNI AD Banten Jalani Pemeriksaan Gigi dan Mulut Gratis

Ia menekankan kepada para Perwira Remaja agar senantiasa bertakwa kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada NKRI.

Maruli juga meminta mereka selalu menjaga kesehatan, kesamaptaan jasmani, memperluas wawasan dan pengetahuan, serta senantiasa mengobarkan semangat dalam berkarya dan mengabdi di manapun ditempatkan di seluruh satuan jajaran TNI AD.

Maruli juga meminta mereka segera menyesuaikan dengan lingkungan baru, baik dalam kedinasan maupun dalam beradaptasi dengan lingkungan masyarakat sekitar.

Selain itu, ia juga meminta mereka memegang teguh falsafah 'dimana bumi dipijak di situ langit dijunjung' serta esnantiasa menjaga nama baik satuan dan TNI AD.

"Tugas perwira remaja ke depan tidaklah ringan yaitu menjaga kehormatan TNI Angkatan Darat dengan mendarma baktikan seluruh kemampuan yang dimiliki secara maksimal. Hal tersebut sejalan dengan tugas yang dihadapi jajaran TNI Angkatan Darat yang sangat kompleks dan dinamis," kata dia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas