Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kemensos Kirim Bantuan ke Pulau Kei Besar, Mensos Risma Ikut Berlayar 30 Jam Naik KRI Teluk Weda

Bantuan sosial dari Kementerian Sosial akan diangkut KRI Teluk Weda - 526 dari Dermaga Tawiri Lantamal IX Ambon menuju Pelabuhan Laut Elat

Penulis: Gita Irawan
Editor: Dodi Esvandi
zoom-in Kemensos Kirim Bantuan ke Pulau Kei Besar, Mensos Risma Ikut Berlayar 30 Jam Naik KRI Teluk Weda
Tribunnews.com/Gita Irawan
Komandan KRI Teluk Weda - 526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma di Dermaga Tawiri Lantamal IX Ambon pada Senin (22/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, AMBON - Bantuan sosial dari Kementerian Sosial akan diangkut KRI Teluk Weda - 526 dari Dermaga Tawiri Lantamal IX Ambon menuju Pelabuhan Laut Elat di Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku pada Selasa (23/7/2024) besok.

Barang bantuan tersebut di antaranya berupa pupuk, kasur, vitamin, tandon air kapasitas 1.100 liter, traktor tangan, kapal-kapal nelayan berukuran kecil, dan sebagainya.

Barang-barang bantuan tersebut sebagian telah dimuat di dalam kapal perang berjenis Landing Ship Tank itu pada Senin (22/7/2024).

Sementara itu sejumlah personel KRI Teluk Weda bersama Tagana masih terus berupaya memuat barang-barang bantuan lainnya ke dalam kapal baik menggunakan crane yang berada di kapal maupun di angkat satu per satu melalui tangga kapal.

Bantuan sosial tersebut rencananya akan diserahkan langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini pada Rabu (23/7/2024) lusa.

Risma juga rencananya akan turut dalam pelayaran dari Ambon menuju Kei Besar yang memakan waktu sekira 30 jam tersebut.

Baca juga: PDIP Sebut Elektabilitas Risma Kalah dari Khofifah di Jatim Karena Belum Deklarasi

Komandan KRI Teluk Weda - 526 Letkol Laut (P) Ricky Tacoma mengatakan proses embarkasi bantuan dari Kemensos tersebut telah dilaksanakan secara bertahap sejak kemarin.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan rencananya bantuan tersebut akan dikirim ke Kecamatan Kei Besar Kabupaten Maluku Tenggara Provinsi Maluku pada Selasa (23/7/2024) besok.

"Dengan kondisi normal kapal kami, kecepatan kemampuannya 12 knot. Insya Allah dari Ambon ke Pulau Kei Besar akan memakan waktu 30 jam," kata Ricky di Dermaga Tawiri Lantamal IX Ambon pada Senin (22/7/2024).

"Sehingga insya Allah besok Ibu (Mensos) akan tiba jam 07.00 (WIT), kemudian akan datang ke kapal pukul 08.00 insya Allah kapal akan bertolak jam 09.00, dan tiba di sana pukul 15.00 di hari Rabu," sambung dia.

Ricky mengatakan pihaknya juga telah melakukan persiapan teknis untuk memastikan kapal dalam kondisi baik sebelum kapal tersebut bertolak menuju Kei Besar.

Ia mengatakan sebelum tiba di Ambon pada Jumat pekan lalu, telah dilakukan pemantapan kondisi kepada KRI Teluk Weda - 526 di Surabaya.

Baca juga: Beyond The Limit Jadi Kunci Inovasi Mensos Risma dalam Transformasi Kesejahteraan Sosial

"Saya beserta kru KRI Teluk Weda melaksanakan tugas untuk mempersiapkan KRI. KRI di mana yang setelah melaksanakan perbaikan di Surabaya, pemantapan kondisi di Surabaya kemarin berangkat seminggu yang lalu, di hari Senin kami berangkat kemudian baru tiba di hari Jumat," kata dia.

Ricky mengatakan kesempatan ini adalah pertama kalinya dirinya dan kru KRI Teluk Weda - 526 menjalankan misi pengiriman bantuan ke Kei Besar.

Untuk itu, menurutnya momen tersebut bersejarah.

"Ini momen bersejarah buat kami, karena kami baru pertama kali ini bisa bekerja sama dengan Kementerian Sosial, dan bisa langsung bersentuhan dengan masyarakat untuk bisa memberikan bantuan Kementerian Sosial tersebut," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas