Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

MA Perintahkan Aset Rafael Alun Dikembalikan, JPU KPK: Hakim Tak Dukung Upaya Pemberantasan Korupsi

Wawan mengatakan, JPU belum bisa bersikap atas putusan dimaksud. Sebab, mereka belum menerima petikan putusan resminya.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in MA Perintahkan Aset Rafael Alun Dikembalikan, JPU KPK: Hakim Tak Dukung Upaya Pemberantasan Korupsi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Terdakwa kasus dugaan penerimaan gratifikasi dan tindak pidana pencucuian uang (TPPU) Rafael Alun Trisambodo menjalani sidang pembacaan putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (8/1/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memandang majelis hakim tak memiliki semangat dan pandangan yang sama dalam mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi dan optimalisasi pemulihan aset.

Hal itu disampaikan merespons Mahkamah Agung (MA) menolak kasasi yang diajukan oleh JPU KPK atas terdakwa eks pejabat Ditjen Pajak Kementerian Keuangan Rafael Alun Trisambodo.

Baca juga: KPK Tunggu Proses Kasasi Selesai untuk Tetapkan Tersangka Baru Kasus Korupsi Rafael Alun

Di mana majelis hakim kasasi memerintahkan KPK agar mengembalikan sejumlah barang yang telah disita.

"Majelis hakim tidak memiliki semangat dan pandangan yang sama dalam mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi dan optimalisasi pemulihan aset," kata Kasatgas Penuntutan KPK, Jaksa Wawan Yunarwanto, dalam keterangannya, Rabu (24/7/2024).

Baca juga: KPK Ajukan Kasasi Perkara Rafael Alun, Ayah Mario Dandy Bersiap Dimiskinkan

Wawan mengatakan, JPU belum bisa bersikap atas putusan dimaksud. Sebab, mereka belum menerima petikan putusan resminya.

Wawan menambahkan bahwa jaksa KPK menghormati putusan majelis hakim kasasi, tetapi penuntut umum merasa keputusan itu kurang tepat.

BERITA TERKAIT

"Kami hormati putusan majelis hakim tersebut, namun tetap bagi kami putusan itu kurang tepat dan sangat bertolak belakang dengan seluruh fakta persidangan yang kami ungkap di sidang dan nyatanya terbukti aset-aset terdakwa adalah hasil kejahatan," katanya.

Diberitakan, Mahkamah Agung menolak kasasi yang diajukan oleh jaksa KPK atas terdakwa Rafael Alun Trisambodo.

Hal tersebut sebagaimana Putusan MA Nomor 4101 K/Pid.Sus/2024 terkait kasasi kasus korupsi yang melibatkan mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu itu.

"Amar putusan, penuntut umum tolak, terdakwa tolak dengan perbaikan status barang bukti," demikian dikutip dari laman resmi MA, pada Rabu (24/7/2024).

Adapun perkara kasasi ini diputus oleh hakim ketua Dwiarso Budi Santiarto, serta dua anggotanya, Arizon Mega Jaya dan Noor Edi Yono. Sidang putusan perkara ini digelar, pada 16 Juli 2024.

Baca juga: Ajukan Kasasi, KPK Optimis Rumah di Simprug Jakarta Selatan Hasil Korupsi Rafael Alun

Dalam putusan, majelis hakim memerintahkan jaksa penuntut umum KPK untuk mengembalikan sejumlah barang bukti yang disita, di antaranya:

1. Barang bukti perkara tindak pidana pencucian uang (TPPU) Nomor 434, berupa uang tunai senilai Rp 199.970.000 yang berasal dari pencairan deposito berjangka atas nama Ernie Meike Torondek, yang merupakan istri terdakwa Rafael Alun.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas