Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Terima Kelola Izin Tambang, Muhammadiyah Tunjuk Muhadjir Effendy Jadi Ketua Penggelolaan

Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah resmi memutuskan untuk menerima izin pengelolaan tambang yang diberikan oleh pemerintah.

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Pravitri Retno W
zoom-in Terima Kelola Izin Tambang, Muhammadiyah Tunjuk Muhadjir Effendy Jadi Ketua Penggelolaan
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sekaligus Ketua PP Muhammadiyah Bidang Bisnis dan Ekonomi di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (25/3/2024). | Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah telah resmi memutuskan untuk menerima izin pengelolaan tambang yang diberikan oleh pemerintah. Untuk pengelolaan tambang tersebut, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir kemudian menunjuk Muhadjir Effendy sebagai Ketua Tim Pengelolaan Tambang Muhammadiyah. 

TRIBUNNEWS.COM - Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah akhirnya memutuskan untuk menerima izin pengelolaan tambang yang diberikan oleh pemerintah.

Hal tersebut diungkap langsung oleh Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu'ti, dalam konferensi pers PP Muhammadiyah hari ini, Minggu (28/7/2024), yang ditayangkan di kanal YouTube Muhammadiyah Channel.

"Memutuskan bahwa Muhammadiyah siap mengelola usaha pertambangan."




"Sesuai dengan peraturan pemerintah sesuai nomor 25 tahun 2024 dengan pertimbangan dan persyaratan," kata Abdul Mu'ti, Minggu.

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti.
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti. (Tangkap Layar)

Untuk pengelolaan tambang ini, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir, menunjuk Muhadjir Effendy sebagai Ketua Tim Pengelolaan Tambang Muhammadiyah.

Dipilihnya Muhadjir Effendy sebagai Ketua Tim Pengelolaan Tambang ini sejalan dengan jabatannya di PP Muhammadiyah, yakni sebagai Ketua PP Muhammadiyah Bidang Bisnis dan Ekonomi.

"Kami sekaligus karena sikap kewaspadaan, keseksamaan, kecermatan yang kami lakukan menyusun tim pengelolaan tambang yang diketuai oleh Prof Muhadjir Efendy."

BERITA TERKAIT

"Bukan sebagai menko PMK. Jadi mohon nanti jangan ditulis, Ketuanya Menko PMK, nanti Istana pindah ke sini nih," ungkap Haedar.

Lebih lanjut, untuk tim pengelolaan tambang Muhammadiyah, nantinya akan diisi jabatan sekretaris hingga anggota.

Untuk jabatan Sekretaris akan diisi oleh Muhammad Sayuti.

Kemudian anggotanya ada Anwar Abbas, Hilman Latief, Agung Danarto, Ahmad Dahlan Rais, Bambang Setiaji, dan Arif Budimanta.

Baca juga: BREAKING NEWS: PP Muhammadiyah Resmi Putuskan Terima Kelola Izin Tambang 

Jokowi: Kita Ingin Keadilan Ekonomi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal ormas Muhammadiyah yang menerima izin konsesi lahan tambang yang ditawarkan pemerintah.

Jokowi kemudian bercerita mengenai alasan dirinya memberikan izin ormas Keagamaan mengelola tambang. Ia ingin adanya pemerataan ekonomi.

"Kita ingin pemerataan ekonomi, kita ingin keadilan ekonomi," kata Jokowi di Batang, Jawa Tengah, Jumat (26/7/2024).

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas