Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sambut HUT ke-79 RI, Pemerintah Gelar Acara di Jakarta dan Ibu Kota Nusantara

Untuk menyambut HUT ke-79 RI, Pemerintah akan menggelar acara di dua lokasi yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Suci BangunDS
zoom-in Sambut HUT ke-79 RI, Pemerintah Gelar Acara di Jakarta dan Ibu Kota Nusantara
setneg.go.id
Desain banner HUT ke-79 Ri tahun 2024 - Untuk menyambut HUT ke-79 RI, Pemerintah akan menggelar acara di dua lokasi yaitu Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

TRIBUNNEWS.COM - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024 jatuh pada hari Sabtu (17/8/2024), mendatang.

Dikutip dari laman setneg.go.id, untuk menyambut HUT ke-79 RI, Pemerintah akan menggelar acara di dua lokasi yaitu, Jakarta dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal tersebut, dikatakan oleh Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, dalam keterangannya saat melakukan konferensi pers Bulan Kemerdekaan pada Kamis (1/8/2024).

Mensesneg mengatakan, rangkaian bulan Kemerdekaan tahun ini akan diawali dengan dzikir dan doa kebangsaan yang akan dilakukan petang nanti di Istana Merdeka, Jakarta.

Setelah itu, rangkaian kegiatan peringatan HUT dilanjutkan pengukuhan Pasukan Pengibaran Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang rencananya akan dilakukan di IKN, Kalimantan Timur.

"Upacara penganugerahan tanda kehormatan itu dilaksanakan di Istana Negara di Jakarta. Kemudian pidato kenegaraan dan penyampaian RAPBN dan nota keuangan diselenggarakan di Gedung Nusantara, Gedung MPR, DPR, DPD," lanjutnya.

Selanjutnya, pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci (AKRS) pada tahun ini akan berbeda dari tahun sebelumnya.

BERITA TERKAIT

Pasalnya, kegiatan AKRS akan dilakukan secara bersamaan di dua tempat sekaligus, yaitu di Taman Kusuma Bangsa, IKN dan Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta.

"Di Taman Makam Pahlawan Kalibata dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden, kemudian di Taman Kusuma Bangsa di Ibu Kota Negara di IKN dipimpin oleh Bapak Presiden. Itu diselenggarakan dini hari tanggal pukul 00.00 tanggal 17 Agustus," ucap Mensesneg.

Kemudian, upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia akan dilakukan di IKN dengan waktu pelaksanaan mengikuti waktu Indonesia Barat.

Presiden Jokowi akan bertindak sebagai inspektur upacara.

Baca juga: Link Download Logo HUT ke-79 RI 2024 dan Pernak-pernik 17 Agustusan, Lengkap dengan Berbagai Format

"Sedangkan acara upacara di halaman Istana Merdeka Jakarta itu mengikuti tata upacara militer di IKN. Kemudian upacara penurunan bendera sang merah putih juga diselenggarakan di dua tempat baik di IKN, maupun di halaman Istana Merdeka Jakarta. Itu agenda pokoknya," jelasnya.

Agenda lain yang tak kalah menarik dalam rangkaian peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI, yaitu prosesi kirab pengiriman duplikat bendera pusaka dan naskah proklamasi dari Monas ke IKN, serta pameran arsip kepresidenan.

Pameran yang diselenggarakan di Galeri Emiria Soenassa, Taman Ismail Marzuki, akan memamerkan arsip dan memorabilia sejarah panjang ibu kota negara Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas