Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bareskrim Sebut Benny Rhamdani Tak Bisa Ungkap Sosok T,  Ngaku Dapat Info dari Orang Sudah Meninggal

Bahkan, dalam pemeriksaan kali ini, Benny Rhamdani meralat ucapannya soal sumber yang memberikan informasi soal sosok T.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Bareskrim Sebut Benny Rhamdani Tak Bisa Ungkap Sosok T,  Ngaku Dapat Info dari Orang Sudah Meninggal
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Dirttipidum Bareskrim Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro beri keterangan ke wartawan tentang hasil pemeriksaan Kepala BP2MI, Benny Rhamdani soal sosok T pengendali judi online di Indonesia, di Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (5/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bareskrim Polri menyebut Kepala Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Benny Rhamdani dalam pemeriksaan tidak bisa menyebutkan siapa sosok T yang disebut pengendali judi online di Indonesia yang sebenarnya.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim, Polri Brigjen Djuhandani Rahardjo Puro mengatakan Benny Rhamdani tak punya bukti untuk menyebut sosok asli dari seorang berinisial T tersebut.




Hal tersebut setelah Benny menjalani pemeriksaan yang kedua di Bareskrim Polri pada hari ini.

"Tidak ada bukti bahkan inisial T pun tidak bisa disebutkan oleh yang bersangkutan," kata Djuhandani kepada wartawan, Senin (5/8/2024).

Bahkan, dalam pemeriksaan kali ini, Benny Rhamdani meralat ucapannya soal sumber yang memberikan informasi soal sosok T.

"Kalau pada awal mulanya kemarin pada 23 Mei itu menyampaikan dari salah seorang ataupun korban pekerja migran yang dari Kamboja sekarang diralat bahwa info itu didapat dari saudara Joko Purwanto yang kebetulan yang bersangkutan adalah Ketua BP2MI dari Serang dan saat ini sudah meninggal," ucapnya.

Baca juga: Tak Punya Bukti soal Sosok T Pengendali Judol, Polri Sebut Benny Rhamdani akan Minta Maaf ke Publik

BERITA TERKAIT

Benny, kata Djuhandani, meminta maaf kepada penyidik soal sudah memberikan nama sosok tersebut kepada penyidika seperi apa yang dia sudah sampaikan pada pemeriksaan yang pertama.

"Kemudian kami pertanyakan terkait inisial T. yang bersangkutan tidak bisa menjawab siapa itu Mr T, kemudian yang bersangkutan hanya menyampaikan informasi, semoga itu bisa diungkap oleh polri siapa inisial T itu saja," jelasnya.

Sosok Pengendali Berinisial T

Sebelumnya, Benny Rhamdani mengungkap bahwa bisnis judi online di Tanah Air dikendalikan seorang berinisial T. 

Menurut Benny, sosok tersebut adalah warga negara Indonesia yang mengendalikan bisnis judi online dan scamming atau penipuan online di Indonesia dari Kamboja.

“Saya cukup menyebut inisialnya T aja paling depan, yang (inisial huruf) kedua saya enggak perlu saya sebut. Dan ini saya sebut di depan presiden," kata Benny seperti dikutip dari Kompas.com, Kamis (25/7/2025).

“Boleh ditanya ke Pak Menko Polhukam, Pak Mahfud MD saat itu. Presiden kaget, pak Kapolri kaget, agak cukup heboh rapat terbatas saat itu,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Tak Punya Bukti soal Sosok T Pengendali Judol, Polri Sebut Benny Rhamdani akan Minta Maaf ke Publik

Benny mengungkapkan, hal ini diketahui BP2MI setelah menelusuri kasus penempatan pekerja migran asal Indonesia secara ilegal di Kamboja.

Dia pun mengeklaim bahwa T adalah sosok yang selama ini sulit tersentuh oleh aparat penegak hukum. Dia bahkan menjuluki sebagai orang yang kebal hukum selama NKRI berdiri. 

"Orang ini adalah orang yang selama Republik Indonesia ini berdiri, mungkin tidak bisa disentuh oleh hukum, mohon maaf dengan segala hormat,” ujar Benny.

Benny berharap pemerintah dan aparat penegak hukum segera mengambil tindakan tegas dalam mengatasi praktik perdagangan orang, termasuk juga judi online.

“Saatnya negara mengambil tindakan tegas. Tidak hanya menyeret para calo, dan kaki tangannya, tapi mampu hukum menyentuh para bandar para tekong, mereka yang kita ketagorikan sebagai penjahat,” tutur Benny.

"Mereka penjual anak bangsa yang selama ini mengambil keuntungan, dan berpesta pora dari bisnis haram perdagangan manusia,” sambungnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas