Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sekjen PKB Tak Penuhi Undangan, PBNU Buka Peluang Sowan Ke Maruf Amin Hingga Undang Tokoh Lain

Hasanuddin Wahid sedianya diundang untuk memberi keterangan terkait hubungan antara PBNU dan PKB yang belakangan ini tegang

Penulis: Gita Irawan
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Sekjen PKB Tak Penuhi Undangan, PBNU Buka Peluang Sowan Ke Maruf Amin Hingga Undang Tokoh Lain
Tribunnews.com/Gita Irawan
Anggota Pansus bentukkan PBNU untuk mendalami hubungan PBNU dan PKB sekaligus Rais Syuriah PBNU KH Muhammad Cholil Nafis saat konferensi pers di Gedung PBNU Jakarta Pusat pada Senin (5/8/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (Sekjen PKB) Hasanuddin Wahid tak memenuhi undangan Panitia Khusus (Pansus) bentukkan PBNU yang ditugaskan mendalami hubungan PBNU dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Senin (5/8/2024).

Hasanuddin Wahid sedianya diundang untuk memberi keterangan terkait hubungan antara PBNU dan PKB yang belakangan ini tegang.

Baca juga: Ketua Umum PBNU Gus Yahya: Sudah Terlalu Banyak Darah, Terlalu Banyak Pembunuhan di Palestina




Menanggapi ketidakhadiran tersebut, anggota Pansus sekaligus Rais Syuriah PBNU KH Muhammad Cholil Nafis mengatakan undangan tersebut telah disampaikan baik melalui surat fisik ke kantor DPP PKB maupun pesan eletronik sejak Jumat pekan lalu.

Undangan tersebut, kata dia, merupakan tindak lanjut dari keputusan yang diambil dalam Rapat Pleno pimpinan PBNU sebelumnya terkait upaya mengharmoniskan hubungan PBNU dan PKB.

Baca juga: Polemik PBNU dan PKB Berlanjut, Gus Ipul Nilai Cak Imin Cenderung Serang Pribadi Gus Yahya

"Yang harusnya hadir pada tadi jam 12.30 WIB menurut undangan kami, tetapi kami tunggu sampai jam 14.30 WIB tadi saya turun dari atas juga belum ada konfirmasi kedatangannya," kata dia saat konferensi Pers di Gedung PBNU Jakarta Pusat pada Senin (5/8/2024).

"Padahal sangat diperlukan hadirnya beliau tentu yang pertama silaturahim. Namanya juga sama-sama warga NU kemudian diundang oleh PBNU secara resmi," sambung dia.

BERITA TERKAIT

Ia mengatakan pekan lalu, pihaknya juga telah mengundang mantan Sekjen PKB Muhammad Lukman Edy terkait hal yang sama.

Muhammad Lukman Edy kemudian memenuhi undangan dan menyampaikan sejumlah keterangan di antaranya terkait perubahan kewenangan Dewan Syuro PKB pada Rabu (31/7/2024). 

Atas ketidakhadiran Hasanudin Wahid, Cholil mengatakan membuka peluang untuk mengunjungi Wakil Presiden RI sekaligus mantan penasehat PKB pasca reformasi KH Ma'ruf Amin.

Namun, kata dia, siapa yang akan diundang berikutnya akan didiskusikan lebih lanjut oleh Pansus.

"Kita akan mengundang beberapa tokoh terkait yang memang punya informasi yang kita perlukan untuk bagaimana menghimpun informasi-informasi yang cukup untuk menjadi kebijakan PBNU," kata Cholil.

"Termasuk insya Allah nanti juga kita akan mendatangi, sowan, bukan manggil ya, kalau ke Pak Maruf Amin karena beliau juga dari awal yang mendirikan di PKB," sambung dia.

Cholil juga menjelaskan tugas yang dilakukannya bersama anggota pansus lainnya adalah mengumpulkan keterangan yang bisa digunakan dalam upaya mengharmonisasi hubungan PBNU dan PKB.

Baca juga: VIDEO Senin Besok, PBNU Bakal Panggil Sekjen PKB Hasanuddin Wahid: Beri Sinyal Bakal Absen

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas