Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Saat Ratusan Pemulung Se-Jakarta Datangi Sekolah Partai PDIP, Curhat Permasalahan PKH-Kesejahteraan

DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengundang ratusan petugas kebersihan hingga pemulung yang tersebar di Jakarta untuk berdialog

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Saat Ratusan Pemulung Se-Jakarta Datangi Sekolah Partai PDIP, Curhat Permasalahan PKH-Kesejahteraan
Dokumentasi PDI Perjuangan
Memperingati Hari Konservasi Alam, DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengundang ratusan petugas kebersihan hingga pemulung yang tersebar di Jakarta untuk berdialog dan memberikan edukasi soal daur ulang sampah hingga menjaga kesehatan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Memperingati Hari Konservasi Alam, DPP PDI Perjuangan (PDIP) mengundang ratusan petugas kebersihan hingga pemulung yang tersebar di Jakarta untuk berdialog dan memberikan edukasi soal daur ulang sampah hingga menjaga kesehatan.

Dipimpin oleh Ketua DPP PDIP bidang Kehutanan dan Lingkungan Hidup, M.Y. Esti Wijayanti dialog berlangsung di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (10/8/2024).

Adapun, perwakilan petugas kebersihan yang dihadir berasal dari Jakarta Utara, Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan.

Hadir pula Wakil Bendaraha Umum PDIP Yuke Yurike, jajaran Partai yakni Selly Andriany Gantina, Sri Rahayu hingga Anggota DPRD Jakarta dari Fraksi PDI Perjuangan. Sementara, Ketua Umum DPP PDIP Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto turut menyaksikan secara daring.

Dalam kesempatan itu, Esti membuka dialog untuk mendengarkan curhatan hati atau curhat serta keluhan para pemulung soal permasalahan yang dihadapi selama ini.

Dimana, Esti, Anggota DPRD Jakarta dari Fraksi PDIP serta jajaran PDIP mendapat keluhan soal kesejahteraan pemulung, permasalahan Program Keluarga Harapan (PKH) hingga minimnya perhatian terhadap petugas kebersihan dari pemerintah.

BERITA TERKAIT

Awalnya, Muhammad Gunawan Hanafi, pemulung asal Jakarta Barat menceritakan soal minimnya perhatian terhadap dirinya selama ini. Padahal, dia sudah mendedikasikan diri untuk menjaga lingkungannya tetap bersih.

Sambil berurai air mata, Gunawan bercerita soal dirinya yang tidak pernah mendapatkan Bansos BLT hingga Bansos Sembako.

“Sekarang saya hidup sendiri. Dari lahir di Jakarta, BLT dihapus dan Bansos hilang, alasannya rumah saya enggak masuk data,” ujar Gunawan sambil berurai air mata.

Lalu, Saman, Pemulung asal Utan Kayu menyampaikan keluhan soal Kartu Jakarta Pintar (KJP) yang belum didapatkan oleh rekan-rekannya sesama profesi.

“Kalau bisa saya minta tolong kepada Bapak/Ibu dari PDIP, saya hanya mewakili teman-teman saya yang ada di Jakarta Timur, dinas kebersihan, dan tukang sampah soal KJP. Teman-teman saya yang anaknya belum dapat KJP. Memang KTPnya Jakarta, tapi ada yang dihapus ada yang belum dapat,” ungkap Saman.

Kemudian, Saidi, Pemulung asal Klender menceritakan soal pendapatnya yang tidak menentu setiap bulannya. Sebab, selama ini dia tidak mendapatkan gaji.

Saidi mengaku hanya mendapat penghasilan dari pemberian warga dan menjual barang rongsoknya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas