Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Gugun Gumilar: Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Bawa Pesan Perdamaian

Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia momen penting menguatkan nilai-nilai toleransi, dialog agama, perdamaian dan moderasi beragama di tanah air.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Theresia Felisiani
zoom-in Gugun Gumilar: Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Bawa Pesan Perdamaian
CNS/Kantor Pers Tahta Suci
Publikasi untuk kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024. Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia momen penting menguatkan nilai-nilai toleransi, dialog agama, perdamaian dan moderasi beragama di tanah air. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-5 September 2024 disambut penuh antusias oleh berbagai kalangan.

Tidak hanya umat Katolik, tetapi juga tokoh-tokoh agama lainnya, termasuk Pendiri the Institute of Democracy and Education (IDE) Indonesia, yang menilai kunjungan ini sebagai momen penting untuk menguatkan nilai-nilai toleransi, dialog agama, perdamaian dan moderasi beragama di tanah air.

Gugun Gumilar selaku Direktur IDE Indonesia menegaskan bahwa kedatangan Paus Fransiskus membawa angin segar dan pesan perdamaian bagi terciptanya dialog antarumat beragama.




Kunjungan ini disebutnya akan menunjukkan kepada seluruh bangsa bahwa bangsa Indonesia adalah negara yang mampu merawat keberagaman, pluralisme dan mengedepankan dialog antarumat beragama dengan cara yang damai dan toleran.

“Saya kira kunjungan Paus Fransiskus ini adalah bukti nyata bahwa semangat toleransi, kerukunan dan dialog agama semakin mengakar dan perlu dirawat dengan baik di Indonesia. Bangsa Indonesia dengan simbol Bhineka Tunggal Ika menjadi rujukan seluruh dunia bahwa kita pada titik di mana dunia melihat Indonesia sebagai teladan dalam merawat keberagaman dan pluralisme,” ujar Gugun Gumilar yang juga Direktur Voice of Istiqlal.

Baca juga: 60 Uskup Dunia Bakal Hadir saat Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia

Menurutnya kunjungan Paus Fransiskus menunjukkan Indonesia adalah pusat penting bagi upaya perdamaian, persatuan dan persaudaraan universal.

Oleh karenanya, Gugun mengajak anak muda Indonesia untuk belajar dari Paus.

BERITA TERKAIT

“Kedatangan Paus mesti digunakan sebagai sebuah kesempatan langka di mana tokoh besar agama dunia mengunjungi Indonesia sebagai pusat penting bagi upaya perdamaian, persatuan dan upaya membangun kekuatan serta persaudaraan universal. Anak muda Indonesia mesti belajar toleransi dan perdamain kepada Paus,” tegas Duta Muda PBB itu.

Paus Fransiskus menghadiri acara
Paus Fransiskus menghadiri acara "belaian dan senyuman" untuk bertemu dengan kakek-nenek, lansia, cucu dan anggota "Fondazione Eta' Grande" di Audience Hall Paulus VI di Vatikan, pada 27 April 2024. Berdasarkan informasi resmi dari situs Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI, Indonesia. Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia, pada tanggal 3 - 6 September 2024. Merupakan negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik. (Tiziana FABI/AFP) (AFP/TIZIANA FABI)

Sebagai informasi, Paus Fransiskus dijadwalkan berkunjung ke Indonesia pada tanggal 3-6 September 2024, dengan berbagai agenda penting termasuk pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, kunjungan ke Masjid Istiqlal pertemuan tokoh agama dan misa akbar di Stadion Gelora Bung Karno.

Setelah Indonesia, Paus Fransiskus akan melanjutkan perjalanan apostoliknya ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas