Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mengintip Geliat Bisnis Kaesang: Sepi Pembeli, Tutup Permanen hingga Disebut Diambil Hotman Paris

Ketiga karyawan Yang Ayam tampak menunggu pembeli sambil sesekali berbincang. Suara kedua pegawai itu terdengar meski bicara dengan bisik-bisik

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Mengintip Geliat Bisnis Kaesang: Sepi Pembeli, Tutup Permanen hingga Disebut Diambil Hotman Paris
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Outlet Sang Pisang milik putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep di kawasan Cikini, Jakarta Pusat sepi pembeli pada Sabtu (31/8/2024). 

Laporan khusus Tim Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gaya hidup putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sekaligus Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep dan istrinya, Erina Gudono jadi sorotan usai beredar video menunjukkan keduanya turun dari pesawat jet pribadi dan dijemput mobil di apron bandara tanpa melewati pemeriksaan Ditjen Bea Cukai.

Hal itu membuat Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) melaporkan adanya dugaan penerimaan gratifikasi terkait hal itu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, pihak lembaga anti-rasuah hanya minta adik Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka itu agar datang mengklarifikasi.




Belum lagi Erina Gudono juga disorot lantaran dikabarkan memiliki koleksi tas branded dengan harga mulai puluhan hingga ratusan juta rupiah seperti merek Louis Vuitton, Chanel dan Dior.

Meski masih muda, Kaesang Pangarep selaku putra bungsu Presiden Jokowi juga dikenal memiliki sejumlah bisnis yang pada awal merintis cukup dikenal publik, mulai food and beverage (F&B) alias kuliner, fashion, hingga aplikasi digital saham dan jual beli masakan rumahan.

Sebagian bisnis tersebut juga merupakan kerja sama dengan sang kakak, Gibran Rakabuming Raka. 

Lalu, bagaimana kondisi bisnis Kaesang Pangarep saat ini?

BERITA TERKAIT

Tim Tribunnews melakukan penelusuran untuk mengetahui gambaran kondisi terkini bisnis Kaesang Pangarep di Jakarta pada 31 Agustus - 2 September 2024.

Diketahui, bisnis Kaesang Pangarep dimulai pada 2017 dengan mendirikan Kaesang mendirikan Sang Javas dengan produksi kaus desain gambar karikatur.

Baca juga: KPK Periksa Keponakan Megawati, Riyan Dediano Terkait Kasus Suap Rel Kereta Api Wilayah Surabaya

Dari situ, gurita bisnis Kaesang khususnya kuliner terus berkembang di Indonesia dengan mendirikan sejumlah brand kuliner lainnya. Di antaranya Mangkokku, Yam Ayam, Ternakopi, Let's Toast dan aplikasi Madhang.

Namun, seiring waktu, satu per satu bisnis Kaesang sepi pembeli hingga banyak gerai kulinernya yang tutup. 

Mangkokku

Kaesang mendirikan Mangkokku pada tahun 2019 dengan menggandeng Master Chef Indonesia, Chef Arnold, Randy J. Kartadinata, kakak Kaesang yaitu Gibran.

Mangkok Ku menjual berbagai jenis rice bowl. Pada 2022, bisnis kuliner ini tercatat telah membuka 54 gerai di 16 kota. Rice bowl buatan Mangkok Ku juga menduduki rice bowl nomor 1 pada GoFood dan GrabFood pada tahun 2022.

Kini, beberapa outlet Mangkokku di Jakarta tampak sepi, seperti di cabang Tanjung Duren dan cabang Kemanggisan, Jakarta Barat.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas