Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun
Tujuan Terkait

Kepala BPIP Harap Indonesia Terus Jadi Pelopor Pembangunan Berkelanjutan

Kepala BPIP berharap Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi Pihak menjadi manfaat bagi Indonesia dan belahan Dunia khususnya peserta

Penulis: willy Widianto
Editor: Erik S
zoom-in Kepala BPIP Harap Indonesia Terus Jadi Pelopor Pembangunan Berkelanjutan
Istimewa
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila(BPIP), K.H Yudian Wahyudi memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi Pihak atau High Level Forum on Multi Stakeholder Partnership(HLF-MSP) yang baru saja digelar di Bali awal bulan September 2024 lalu. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), K.H Yudian Wahyudi memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan Forum Tingkat Tinggi Kemitraan Multi Pihak atau High Level Forum on Multi Stakeholder Partnership (HLF-MSP yang baru saja digelar di Bali awal bulan September 2024 lalu.

Ia berharap forum tersebut memiliki manfaat besar bagi Indonesia dan dunia terkait program pembangunan berkelanjutan.

"Semoga ini menjadi manfaat bagi Indonesia dan belahan Dunia khususnya peserta HLF MSP," ujar Yudian dalam pernyataan persnya yang diterima Tribun, Selasa(10/9/2024).

Baca juga: RI Punya 129 Juta Anak Muda, Kepala BPIP Khawatir Jika Tak Paham Pancasila: Membahayakan Negara




Kepala BPIP juga menyebut Konferensi Asia-Afrika di Bandung pada tahun 1955 menjadi tonggak sejarah dan terus disebutkan dalam agenda pertemuan tersebut. KAA di Bandung menjadi harapan dunia peserta forum HLF-MSP untuk terus memperkuat kerjasama di segala bidang terutama pembangunan berkelanjutan.

Sementara itu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional sekaligus Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), Suharso Monoarfa menegaskan, diperlukan langkah transformatif dan kerja sama internasional yang lebih kuat antarnegara di belahan bumi selatan untuk mencapai agenda tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) 2030.

Ia menyatakan, langkah tersebut diperlukan karena negara-negara di belahan bumi selatan menghadapi tantangan yang cukup berat, seperti pertumbuhan ekonomi yang tidak stabil, defisit infrastruktur, gangguan pada rantai pasokan global, serta maraknya kebijakan proteksionis yang menghambat dan mengikis kepercayaan global terhadap lembaga internasional.

Suharso mengutip penelitian dari Organisasi Perdagangan Dunia(WTO) yang menunjukkan skenario di mana dunia terbagi menjadi dua blok perdagangan yang berbeda. Pembagian ini berpotensi menyebabkan penurunan 5 persen dalam produk domestik bruto (PDB) global dan fragmentasi perdagangan internasional.

BERITA TERKAIT

"Pembagian ini berpotensi menyebabkan penurunan produk domestik bruto (PDB) global sebesar 5 persen dan fragmentasi perdagangan internasional," ujar Suharso.

Perdana Menteri Timor-Leste Xanana Gusmao juga menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Indonesia atas penyelenggaraan HLF-MSP dengan menyoroti fokusnya pada isu-isu penting bagi negara-negara berkembang dan negara-negara berkembang di belahan bumi selatan, seperti yang ditunjukkan Indonesia pada Konferensi Asia Afrika di Bandung tahun 1955.

Baca juga: PPI Se-Jakarta Kritik BPIP Soal 18 Paskibraka Perempuan Lepas Jilbab

Konferensi Asia Afrika di Bandung kata dia memperkenalkan prinsip-prinsip penting bagi kerja sama Selatan-Selatan, seperti penghormatan terhadap kedaulatan, non-intervensi dalam urusan dalam negeri, penyelesaian sengketa secara damai, dan penerapan hukum internasional secara universal.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas