Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Abcandra Akbar Supratman, Anak Menkumham yang Ditunjuk Jadi Pimpinan MPR RI di Usia 26 Tahun

Inilah sosok Abcandra Muhammad Akbar Supratman yang ditunjuk menjadi pimpinan MPR RI di usia 26 tahun, putra sulung Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).

Penulis: Rifqah
Editor: Bobby Wiratama
zoom-in Abcandra Akbar Supratman, Anak Menkumham yang Ditunjuk Jadi Pimpinan MPR RI di Usia 26 Tahun
TribunJabar.id
Anggota DPD RI Abcandra Muhammad Akbar Supratman bersalaman dengan para senator lain usai ditunjuk jadi Pimpinan MPR RI unsur DPD, Kamis (3/10/2024) dini hari - Inilah sosok Abcandra Muhammad Akbar Supratman yang ditunjuk menjadi pimpinan MPR RI di usia 26 tahun, putra sulung Menteri Hukum dan HAM (Menkumham). 

TRIBUNNEWS.COM - Abcandra Muhammad Akbar Supratman ditunjuk menjadi pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI periode 2024-2029 dari unsur Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI.

Berdasarkan dari data DCT DPD Sulawesi Tengah milik KPU RI, Kamis (3/10/2024), Abcandra maju menjadi calon anggota DPD dari Dapil Provinsi Sulawesi Tengah dengan nomor urut 2 saat itu

Dia terpilih sebagai pimpinan MPR RI berdasarkan hasil voting dan memperoleh dukungan terbanyak dalam rapat paripurna DPD RI yang berlangsung sejak Rabu (2/10/2024) malam.

Abcandra yang merupakan anak sulung dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Supratman Andi Agtas itu menjadi pimpinan MPR termuda saat ini.

Ia lahir pada 1 Oktober 1998, artinya kini Abcandra masih berusia 26 tahun.

“Dengan demikian, yang suara terbanyak dan dinyatakan terpilih untuk mewakili DPD di MPR RI, sebagai wakil ketua MPR RI adalah Abcandra Akbar,” kata Wakil Ketua DPD RI, Tamsil Linrung selaku pimpinan rapat, Kamis (3/10/2024) dini hari.

Diketahui, Abcandra terpilih menjadi pimpinan di MPR dari unsur DPD dengan memperoleh 93 suara, sedangkan Fadel Muhammad memperoleh suara 50.

BERITA REKOMENDASI

Ada satu suara tidak sah. Total ada 143 anggota DPD yang mengikuti voting.

Abcandra sendiri berhasil mengalahkan lima kandidat lainnya, yakni AA. Ahmad Nawardi, Daud Yordan, Agustin Teras Narang, Maya Rumantir, dan Fadel Muhammad.

Dengan demikian, Abcandra akan ditetapkan secara resmi sebagai Pimpinan MPR RI periode 2024-2029 dalam rapat paripurna yang digelar pada Kamis ini.

Lantas, seperti apakah sosok Abcandra ini?

Baca juga: Fadel Langsung Walk Out Seusai Kalah Perebutan Kursi Pimpinan MPR dari Anak Menkumham RI

Abcandra sebelumnya diketahui sempat menduduki jabatan direktur di PT Celebes Elaeis Indonesia pada 2017.

Kemudian, ia juga pernah menjadi komisaris di perusahaan PT Alat Kesehatan Indah Jaya pada 2018.

Riwayat Pendidikan

Abcandra Akbar Supratman, putra Sulteng, anak pertama Menkumham Supratman Andi Agtas yang terpilih jadi pimpinan MPR dari unsur DPD. - Inilah sosok Abcandra Muhammad Akbar Supratman yang ditunjuk menjadi pimpinan MPR RI di usia 26 tahun, putra sulung Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).
Abcandra Akbar Supratman, putra Sulteng, anak pertama Menkumham Supratman Andi Agtas yang terpilih jadi pimpinan MPR dari unsur DPD. - Inilah sosok Abcandra Muhammad Akbar Supratman yang ditunjuk menjadi pimpinan MPR RI di usia 26 tahun, putra sulung Menteri Hukum dan HAM (Menkumham). (kolase Tribunnews.com/ist)
  • SDN 25 Palu (2004-2010)
  • SMP Jubilee Junior High School Jakarta (2011-2013)
  • SMA Jubilee Senior High School Jakarta (2013-2016)
  • S1 Universitas Trisakti (2018-2022)

Riwayat Organisasi 

  • Kader di PC Tidar Jakarta Pusat (2018-2020) 
  • Ketua Umum Pemuda Sulteng (2019-2021)
  • Sekretaris di SAPMA PP PW DKI Jakarta dan KNPI DKI Jakarta (2019-2024)

(Tribunnews.com/Rifqah/Theresia Felisiani/Igman Ibrahim)

Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas