Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penjelasan Gerindra soal Prabowo Ultimatum Ketum Parpol hingga Pakai Dasi Merah jika Diundang PDIP

Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, merespons pernyataan presiden terpilih Prabowo Subianto dalam acara Forum Sinergitas Legislator

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Tiara Shelavie
zoom-in Penjelasan Gerindra soal Prabowo Ultimatum Ketum Parpol hingga Pakai Dasi Merah jika Diundang PDIP
Tribunnews.com/ Chaerul Umam
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2024). Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, merespons pernyataan presiden terpilih Prabowo Subianto dalam acara Forum Sinergitas Legislator 

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, merespons pernyataan presiden terpilih Prabowo Subianto dalam acara Forum Sinergitas Legislator PKB di Hotel Sahid, Jakarta, Kamis (10/10/2024).  

Pertama, mengenai ultimatum Prabowo kepada seluruh ketua umum partai politik (parpol) di koalisinya untuk tidak mencari uang dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Menurut Dasco, apa yang disampaikan Menteri Pertahanan (Menhan) itu merupakan pengingat mengenai beberapa kasus dugaan tindak pidana korupsi yang melibatkan politikus saat menjabat sebagai menteri.

"Ya kan kita kilas balik ada terjadi dari oknum-oknum yang tersangkut masalah hukum karena bermain misalnya di dalam kementerian yang dipimpin itu dalam project-project yang menggunakan APBN," kata Dasco kepada awak media di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (11/10/2024).

Atas dasar itu, Dasco meyakini bahwa pernyataan eks Danjen Kopassus adalah bentuk wanti-wanti kepada para pimpinan parpol.

Ia mengatakan, jangan sampai tindak pidana korupsi terjadi di masa pemerintahan Prabowo.

"Sehingga berkaca dari pengalaman-pengalaman yang sudah terjadi secara spesifik dalam rangka juga komitmen Pak Prabowo terhadap penghematan dan pemberantasan korupsi itu juga saling mengingatkan agar hal-hal tersebut tidak terjadi lagi," terangnya.

BERITA REKOMENDASI

Pasalnya, ucap Dasco, sebagian besar orang yang berada di parpol koalisi pemerintahan nanti akan menduduki jabatan di kabinet.

"Karena ini kan juga kita sama-sama tahu bahwa menteri yang akan membantu Pak Prabowo dalam kabinet itu juga ada dari unsur partai politik," terangnya.

Kedua, Prabowo sempat mengatakan akan berdasi merah apabila diundang ke acara PDI Perjuangan (PDIP).

Diwartakan Kompas.com, menurut Dasco, Ketua Umum Partai Gerindra itu memang suka menyesuaikan warna dasi dengan acara yang dihadirinya.

Baca juga: Prabowo Minta Menteri Tak Cari Uang dari APBN, Golkar Wanti-wanti Kader Tak Korupsi

"Ya begini ya itukan Pak Prabowo kan ya joke (canda) lah itu bahwa setiap acara beliau pasti menyesuaikan dasinya," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat.

Namun, dirinya ogah berspekulasi, apakah yang disampaikan Prabowo mengindikasikan peluang PDIP bergabung ke Koalisi Indonesia Maju (KIM).

Pernyataan Prabowo

Diberitakan sebelumnya, Prabowo Subianto mengultimatum seluruh parpol yang berada di koalisinya.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas