Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bertaraf Internasional, Presiden Joko Widodo Resmikan Mayapada Hospital Nusantara di IKN

Mayapada Healthcare meresmikan unit rumah sakit ketujuh Mayapada Hospital Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara.

Editor: Content Writer
zoom-in Bertaraf Internasional, Presiden Joko Widodo Resmikan Mayapada Hospital Nusantara di IKN
dok. Mayapada Healthcare
Peresmian Mayapada Hospital Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

TRIBUNNEWS.COM - Mayapada Healthcare (PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk.) (IDX:SRAJ), pilar bisnis Mayapada Group di bidang jasa layanan kesehatan, meresmikan unit rumah sakit ketujuh Mayapada Hospital Nusantara di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Peresmian dipimpin secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR dan Plt. Kepala Otorita IKN Mochamad Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni, Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, pendiri Mayapada Group Dato’ Sri Tahir, Chairman & Group CEO Mayapada Healthcare Jonathan Tahir, dan Hospital Director Mayapada Hospital Nusantara dr. Farah Alkatiri.  

Hadirnya Mayapada Hospital Nusantara menjadi tonggak sejarah keberlanjutan perjalanan Mayapada Healthcare di mana Mayapada Hospital Nusantara menjadi rumah sakit pertama dalam naungan Mayapada Healthcare yang beroperasi di luar pulau Jawa. Berlokasi di IKN, Mayapada Hospital Nusantara disiapkan sebagai pusat penyelenggaraan transfer of knowledge, bekerja sama dengan Apollo Hospitals India, mitra strategis internasional Mayapada Healthcare.

Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia mengatakan, “Setiap ada investor ingin datang ke IKN, baik itu investor dalam negeri maupun luar, selalu yang ditanyakan adalah dua. Kalau saya pindah ke sini anak juga pindah ke sini, apakah ada sekolah. Kedua yang ditanyakan kalau saya dan anak saya pindah ke Ibu Kota Nusantara, apakah kalau sakit ada rumah sakit yang kualitasnya baik, sekarang saya bisa jawab, ada, yaitu rumah sakit Mayapada. Mayapada Hospital Nusantara dengan kualitas pelayanan, saya pastikan baik dan berstandar internasional karena telah bekerja sama dengan Apollo Hospitals India. Jadi sekarang Pak Basuki, Pak Raja Juli, kalau ada investor masuk, yakin sampaikan bahwa rumah sakit sudah ada.”

Presiden Joko Widodo melanjutkan, “Saya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Mayapada Group dengan berkontribusi untuk memberikan confident kepada ASN yang ingin pindah ke Nusantara, masyarakat yang ingin pindah ke Nusantara, dan juga investor yang ingin berinvestasi di Ibu Kota Nusantara. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada sore hari ini saya resmikan Mayapada Hospital Nusantara di Ibu Kota Nusantara, terima kasih, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.”  

Sejalan dengan konsep keberlanjutan terhadap kelestarian lingkungan, konstruksi Mayapada Hospital Nusantara dibangun sesuai Permen PUPR no 10 tahun 2023 tentang Bangunan Gedung Cerdas (BGC), pedoman Permenkes untuk Rumah Sakit Ramah Lingkungan, dan menerapkan prinsip Bangunan Gedung Hijau (BGH). Berdiri di lahan seluas 1,1 hektar, Mayapada Hospital Nusantara akan memiliki kapasitas 200 bed, lebih dari 200 tenaga medis yang unggul, dengan tipe kamar rawat inap mulai dari kelas general hingga VIP, serta kelengkapan fasilitas penunjang medis.

Baca juga: Mayapada Hospital bentuk Autoimun Center komprehensif pertama di Indonesia

Jonathan Tahir – Chairman & Group CEO Mayapada Healthcare mengatakan, “Terima kasih Pak Jokowi sudah meresmikan Mayapada Hospital Nusantara. Hal ini menjadi milestone dari semangat sustainability Mayapada Healthcare dalam memberikan layanan kesehatan berstandar internasional yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia. Dengan kemitraan bersama Apollo Hospitals India, Mayapada Hospital Nusantara hadir sebagai green & smart hospital yang mendorong transformasi layanan kesehatan agar dapat menangani berbagai kasus kompleks dengan lebih advanced, melalui transfer keahlian dokter dalam dan luar negeri, serta adopsi teknologi yang kami praktikan di sini. Kami pun tetap berkomitmen untuk dapat memberikan akses layanan kesehatan yang inklusif dan siap melayani pasien dari berbagai badan penyelenggara penjaminan, seperti asuransi dan perusahaan dalam negeri, multinasional, hingga penjaminan milik pemerintah, BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Kami yakin Mayapada Hospital Nusantara dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan ekosistem kesehatan yang lebih kuat dan berkualitas bagi masyarakat IKN dan Kalimantan Timur.”

BERITA REKOMENDASI

Bersama Apollo Hospitals India, Mayapada Healthcare menyelenggarakan program pelatihan kompetensi tenaga medis untuk pertukaran ilmu dan keterampilan antara dokter dalam negeri dan internasional, serta mendorong kehadiran dokter senior dari luar negeri yang memiliki pengalaman dan keahlian khusus untuk berpraktik di Indonesia, guna memastikan terjadinya transfer pengetahuan yang efektif.

Program ini akan dipusatkan di Mayapada Hospital Nusantara dan Mayapada Apollo Batam International Hospital yang akan segera dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Batam, serta unit lain ke depannya. Kolaborasi klinis ini juga mendorong

Mayapada Healthcare dalam mendukung Mayapada Group terhadap pengelolaan operasional RSBP Batam. “Kami bangga melakukan kolaborasi strategis bersama Mayapada Healthcare, sebagai penyedia layanan kesehatan yang unggul di Indonesia. Kami membawa keahlian medis yang kami miliki selama puluhan tahun, terutama dalam prosedur kompleks seperti transplantasi organ, pengobatan kanker, dan lainnya,” ungkap Gaurav Malhotra, Representative Apollo Hospitals Group di Indonesia.

Kolaborasi dengan Apollo Hospitals India dapat terealisasi berkat dukungan Duta Besar Indonesia di India serta Duta Besar India di Indonesia. Dalam kesempatan terpisah, Sandeep Chakravorty, Duta Besar India di Indonesia mengajak para stakeholder untuk datang ke IKN dan Batam, katanya, “Mayapada Healthcare dan Apollo Hospitals Group mengambil langkah yang tepat dan strategis untuk memajukan sektor kesehatan di kedua negara dan memperkuat ikatan persahabatan antara Indonesia dan India.”

Sejak bulan Agustus 2024, Mayapada Hospital Nusantara sudah mengoperasikan layanan kegawatdaruratan akibat kecelakaan (trauma emergency) yang siaga 24 jam, dan secara bertahap akan melengkapi fasilitas layanan kegawatdaruratan untuk stroke dan jantung, serta layanan unggulan yang akan terintegrasi dengan unit Mayapada Hospital lainnya, seperti uronephrology, diabetes, metabolisme, dan sistem endokrin (internal medicine), cardiovascular, oncology, neurology, gastrohepatology, orthopedic, obgyn, serta pediatric.

dr. Farah Alkatiri, MM., MPH., FISQua, Hospital Director Mayapada Hospital Nusantara menekankan bahwa Mayapada Hospital Nusantara memprioritaskan keamanan dan kenyamanan (patient experience) di mana selalu melibatkan pasien dalam setiap langkah perawatan (patient centric care), sejalan dengan seluruh unit Mayapada Hospital dalam memberikan layanan kesehatan unggul berstandar internasional. “Kami menghadirkan dokterdokter hebat di Mayapada Hospital Nusantara yang siap berkolaborasi aktif bersama tim dokter multidisiplin di unit Mayapada Hospital lainnya (collaboration of care),” tegas Dokter Farah. 

Baca juga: Mayapada Healthcare Akan Bangun RS Internasional di KEK Pariwisata Kesehatan Internasional Batam

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas