Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Dirut Transjakarta: Kita Pilih Mercedes-Benz Karena Merk Eropa dan Bagus

Mercedes-Benz dipilih untuk mendukung penyediaan bus kota yang ramah difabel ini karena dikenal sebagai merk bus yang bagus dari Eropa.

Penulis: Choirul Arifin
zoom-in Dirut Transjakarta: Kita Pilih Mercedes-Benz Karena Merk Eropa dan Bagus
TRIBUNNEWS/CHOIRUL ARIFIN
Mercedes-Benz Indonesia menyerahkan secara simbolis unit bus kota Transjakarta yang dirancang ramah difabel di acara Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo 2017 yang diselenggarakan oleh PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) d ICE BSD City, Tangerang, Sabtu (6/5/2017) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Di pameran kendaraan komersial Mercedes-Benz bertajuk Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo 2017 yang digelar PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia di Indonesia Convention and Exhibition Expo (ICE) BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (6/5/2017), Mercedes-Benz melakukan prosesi serah terima secara simbolis unit bus kota Mercedes-Benz yang dirancang ramah kepada kaum difabel.

Bus bermesin OH 1726 Low Entry ini diserahkan manajemen Mercedes-Benz kepada Budi Kaliwono, Direktur Utama PT Transjakarta.

Bus ini ramah difabel karena lantai kabinnya dirancang rendah. Selain itu, dengan suspensi bus yang menggunakan suspensi udara, ketinggian lantai bus terhadap permukaan aspal bisa distel turun dan kembali ke posisi normal dari panel kemudi.

Baca: Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo 2017, Arena Belanja Kendaraan Komersial Mercedes-Benz

Saat ada penumpang difabel naik, pengemudi bisa menurunkan ketinggian bus terhadap aspal. Setiap unit bus ini dilengkapi dengan peranti lantai penghubung dari material aluminium yang bisa dikontrol secara elektronis untuk penumpang berkursi roda yang akan naik atau turun dari bus.

Bus kota Transjakarta ramah difabel
Mercedes-Benz Indonesia menyerahkan secara simbolis unit bus kota Transjakarta yang dirancang ramah difabel di acara Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo 2017 yang diselenggarakan oleh PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDINA) d ICE BSD City, Tangerang, Sabtu (6/5/2017)

Di salah satu bagian kabin bus juga disiapkan area untuk penumpang difabel ini.

Bus ini dirakit oleh Karoseri Laksana. 

BERITA REKOMENDASI

Budi Kaliwono menuturkan, Mercedes-Benz dipilih untuk mendukung penyediaan bus kota yang ramah difabel ini karena dikenal sebagai merk bus yang bagus dari Eropa.

Bus kota Transjakarta ramah difabel
Unit bus kota Transjakarta bermesin Mercedes-Benz ini dirancang ramah difabel.  

“Kita sedang menyiapkan lebih banyak armada yang ramah untuk difabel. Bus Mercedes-Benz ini punya desain lantai khusus dan teknologi air suspension yang bisa membuat bus jadi lebih rendah, agar memungkinkan kaum disabilitas bisa naik Transjakarta yang beroperasi di jalur non koridor,” ungkapnya.

Baca: 8 Perusahaan Karoseri Bus Tampil di Mercedes-Benz Commercial Vehicle Expo 2017

Manajemen Transjakarta akan mengoperasikan 150 unit bus Mercedes-Benz yang ramah difabel dan akan mulai dioperasikan di 12 sampai 15 rute di DKI Jakarta mulai bulan Agustus 2017.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas