Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun Otomotif
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penjualan Turun tapi Daihatsu Tetap di Posisi Nomor Dua di Pasar Otomotif

Produsen nomor dua di Indonesia Daihatsu, membukukan penjualan retail tahunan di 2017 sebanyak 185.240 unit.

Penjualan Turun tapi Daihatsu Tetap di Posisi Nomor Dua di Pasar Otomotif
TRIBUNNEWS/APFIA
Putri Daihatsu dengan busana adat daerah untuk merayakan ulang tahun kemerdekaan RI ke-72 di GIIAS 2017, Kamis (17/8/2017). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Produsen nomor dua di Indonesia Daihatsu, membukukan penjualan retail tahunan di 2017 sebanyak 185.240 unit.

Namun sayangnya angka tersebut mengalami penurunan 3,73 persen dibanding tahun sebelumnya.

Pada 2016 mereka berhasil mencapai 192.410 unit, di mana naik dua digit dibanding 2015 yang hanya 166.567 unit. Pihak Daihatsu menyebut, itu sebagai rekor tertinggi sepanjang sejarah eksistensinya di Indonesia, bahkan terbesar di dunia.

Terkait dengan penurunannya di 2017, Amelia Tjandra, Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor ( ADM) mengungkapkan alasannya. Dirinya menyebut kalau daya beli masyarakat memang belum membaik.

"Itu tergantung daya beli, menurut saya seperti itu karena daya beli itu sangat penting sekali. Tahun lalu model baru banyak banget model keluar, tapi itu tidak menaikkan jumlah (penjualan) model mobil penumpang,” ucap Amelia, Rabu (24/1/2018). 

Baca: Ketika Menteri Pertananan AS Terkesima Atraksi Anggota Kopassus TNI Makan Ular

Amelia menambahkan, kalau penurunan memang terjadi pada semua segmen kendaraan penumpang, begitu juga dengan merek lainnya. Bahkan, penurunan merek lain ada yang lebih besar daripada Daihatsu.

“Semuanya turun, kamu lihat Toyota turun jauh lebih besar, begitu juga Honda karena memang pasarnya turun. Namun tahun lalu yang main truk, pertumbuhannya besar, seperti Hino naik banyak,” tutur Amelia.

Meski begitu, Supranoto, Deputy Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) mengatakan, kalau Daihatsu berhasil memertahankan diri menjadi merek nomor dua di pasar otomotif dalam negeri.

Berita ini sudah tayang di kompas.com berjudul Jualan Merosot di 2017, Ini Kata Daihatsu
 

Ikuti kami di
Editor: Fajar Anjungroso
Sumber: Kompas.com
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas