Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Toyota Janji akan Produksi SUV dan MPV Hybrid di Indonesia pada 2022

Pemerintah bertekad untuk mendorong percepatan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Editor: Fajar Anjungroso
zoom-in Toyota Janji akan Produksi SUV dan MPV Hybrid di Indonesia pada 2022
TRIBUN/HO
Mobil listrik Toyota Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle diserahterimakan di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Rabu (4/7/2018). Toyota menyerahkan 6 unit Toyota Prius Plug-in Hybrid Electric Vehicle kepada Kementerian Perindustrian dan 6 perguruan tinggi negeri untuk bersama melakukan riset dan studi tentang pentahapan teknologi mobil listrik. TRIBUNNEWS/HO 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah bertekad untuk mendorong percepatan pengembangan kendaraan listrik di Indonesia.

Salah satu langkah strategisnya, Kementerian Perindustrian berupaya menyosialisasikan mengenai kesiapan regulasinya yang akan segera diterbitkan kepada pelaku industri otomotif di Jepang.

Seusai melakukan pertemuan dengan jajaran direksi Toyota Motor Corporation di Tokyo Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjelaskan mengenai potensi implementasi dari percepatan electric vehicle dan fasilitas PPnBM yang sedang disusun oleh pemerintah.

“Kami komunikasikan dengan pelaku industri otomotif di sini,” kata Airlangga dalam keterangan pers, Jumat (31/5).

Menperin menyampaikan, peraturan yang akan dikeluarkan pemerintah Indonesia terkait kendaraan listrik, nantinya diberikan tenggat waktu atau periode transisi selama dua tahun.

“Maka itu, kami berharap, pelaku industri otomotif yang ada di Jepang bisa mulai merealisasikannya di tahun 2021 atau 2022,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Deputy CEO Toyota Corp. Susumu Matsuda mengemukakan, dalam upaya memasarkan kendaraan listrik, pihaknya juga akan fokus dengan pengembangan teknologinya di Indonesia.

Baca: Menteri Airlangga Ungkap Investor Asing yang Minat Garap Mobil Listrik

BERITA TERKAIT

“Hal ini untuk memberikan pelayanan utama kepada konsumen kami, sesuai budaya perusahaan, agar mereka praktis menggunakan kendaraan listrik,” ujarnya.

Toyota bersama Daihatsu akan memproduksi mobil hibrida di Indonesia pada tahun 2022. Jenisnya antara lain SUV dan MPV.

“Kami menilai, kedua jenis tersebut yang akan lebih diminati konsumen di Indonesia. Kami sedang mempersiapkan produksinya,” tutur Matsuda.

Baca: Kesehatan Istri SBY Dikabarkan Memburuk, Anies Baswedan dan Anis Matta Doakan Ani Yudhoyono

Toyota memberikan apresiasi kepada Kemenperin terhadap pelaksanaan studi mobil listrik dengan para pemangku kepentingan termasuk menggandeng perguruan tinggi.

“Hasil dari penelitian tersebut, bahwa mobil hibrida dapat mengurangi konsumsi bensin hingga setengahnya. Ini menjadi salah satu solusi yang cukup realistis,” imbuhnya.

Berita ini sudah tayang di kontan berjudul Toyota dan Daihatsu siap produksi SUV dan MPV listrik tahun 2022

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas