Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Otomotif

Daihatsu Edukasi Teknologi Keselamatan SUV Rocky ke Guru-guru SMK di Yogyakarta

Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar pelatihan virtual kepada ratusan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan se-Yogyakarta.

Penulis: Lita Febriani
Editor: Choirul Arifin

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menggelar pelatihan virtual kepada ratusan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan se-Yogyakarta.

Selain pelatihan seputar teknologi terbaru, Daihatsu juga mengenalkan fungsi berbagai komponen, mekanisme kerja, troubleshooting, serta pengenalan fasilitas produksi Daihatsu dalam membuat kendaraan yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

Daihatsu juga memberikan sharing fitur keselamatan canggih terkini dan spesial di kelasnya, yang saat ini baru tertanam di Daihatsu Rocky, yakni ASA (Advanced Safety Assist).

Fitur ini bekerja dengan sensor pada stereo camera di kaca depan yang dapat mendeteksi objek di depan lalu memberikan peringatan jika ada potensi bahaya.

Fitur ASA memiliki enam fungsi masing-masing Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning dan Lane Departure Prevention.

Baca juga: Daihatsu Rocky Tipe Flagship Paling Laris, Inden Nggak Lebih Dari 2 Bulan

Section Head Service Training Department ADM Aji Prima Barus Nurcahya, mengatakan pelatihan ini merupakan wujud kontribusi Daihatsu dalam program vokasi dan industri (ADM) untuk meningkatkan link and match antara sekolah dengan dunia industri sebagai komitmen dalam mencerdaskan bangsa.

Baca juga: Ferrari 296 GTB PHEV Meluncur, Boyong Mesin V6

BERITA TERKAIT

"Daihatsu berharap, para guru SMK dapat meneruskan pengetahuan ini kepada siswa di sekolahnya, sehingga para siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan siap terjun langsung ke dunia industri," tutur Aji, Jumat (25/6/2021).

Baca juga: Bakar Sate di Knalpot Lamborghini, Mesin Tiba-tiba Keluar Asap, Habis Rp 1 Miliar untuk Perbaikan

Pada pelatihan ini, tak ketinggalan Daihatsu juga memberikan sharing teknologi fitur seperti HSA (Hill Start Assist), Power Door Lock, Back Sonar, Automatic Light Control, Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Control (VSC) dan Around View.

Pada Hill Start Assist, fitur ini dapat mencegah mundurnya mobil saat berada di tanjakan dan dalam kondisi stop and go dengan memberi waktu selama 3 detik saat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas.

Untuk fitur Power Door Lock, kunci pintu dapat secara otomatis mengunci ketika kecepatan 20km/jam.  Back sonar, membantu pengguna untuk mengetahui posisi jarak mobil dengan objek luar di belakang mobil ketika bermanuver mundur.

Ketika switch dimmer diposisikan Auto, Automatic Light Control mengatur secara otomatis hidup/mati lampu kendaraan sesuai dengan karakter pencahayaan terang/redup/gelap.

Pada Emergency Stop Signal (ESS), lampu hazard akan berkedip ketika mengerem mendadak, bertujuan memberi tanda pengemudi dibelakangnya agar lebih berhati-hati, serta Vehicle Stability Control (VSC) untuk mencegah Over Steer dan Under Steer ketika berbelok. 

Ada juga fitur Around View yang menampilkan gambar dari 360° sudut kendaraan, sehingga tetap aman ketika parkir, serta membantu memudahkan pengendara ketika melewati dan berpapasan dengan pengendara lain di jalanan yang sempit.

Pada training ini, Daihatsu juga memperkenalkan teknologi pada fasilitas produksi Daihatsu yang comply hingga Euro 6, dan disesuaikan dengan regulasi kendaraan tiap negara.

Fasilitas ini merupakan komitmen Daihatsu dalam memproduksi mobil dengan emisi rendah dan ramah lingkungan dengan menerapkan Green Technology melalui penggunaan Super Intelligent Catalyst, penerapan platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architecture), serta material komponen yang ramah lingkungan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas