Tribun Otomotif

Daya Tahan Mitsubishi Triton Bawa Dua Pebalapnya Naik Podium AXCR 2022

AXCR 2022 memiliki 6 Special Stage dengan rute sepanjang 1.700 km yang melintasi Thailand dan Kamboja.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Daya Tahan Mitsubishi Triton Bawa Dua Pebalapnya Naik Podium AXCR 2022
HO
Mitsubishi Triton yang akan digunakan Rifat Sungkar di ajang Asia Cross Country Rally 2022 di Thailand pada 21 November 2022. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Mitsubishi Triton Ralliart menunjukkan performanya di Asia Cross Country Rally (AXCR) 2022 dan sukses membawa dua pebalapnya naik podium di ajang ini yang berlangsung pada 21-26 November 2022

Dua pebalap tersebut adalah Chayapon Yotha dari Thailand yang meraih juara dan posisi lima yang dipegang Rifat Sungkar perwakilan Indonesia sekaligus brand ambassador Mitsubishi Motors Indonesia.

AXCR 2022 memiliki 6 Special Stage dengan rute sepanjang 1.700 km yang melintasi Thailand dan Kamboja.

Baca juga: Mitsubishi Triton Ralliart Akan Terus Dikembangkan Usai AXCR 2022, Bakal Dijual di Indonesia?

Mitsubishi Triton yang dikemudikan Chayapon finis terdepan dan menyelesaikan total waktu 8 jam 22:42 detik. Sedangkan Rifat terpaut 17:14 detik di garis finis di posisi lima. Mitsubishi Triton Ralliart yang digunakan di ajang ini masih banyak membawa spesifikasi standar dari pabrikan.

DMitsubishi Triton dikembangkan menggunakan mesin 4N15 DI C/R I/C T/C,DOHC 16 valve, in-line 4-Cylinder, Direct Diesel Injection, Intercooler & Turbocharger, berkapasitas 2.442 Cc. Dari mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga Tenaga 100 Ps pada 3500 Rpm dan Torsi 33.1 Nm pada rentang 1500 - 2500 Rpm.

Rifat Sungkar tidak melakukan ubahan apapun pada sektor mesin. Dia hanya melakukan penyesuaian pada ECU terhadap karakter medan rally yang diikutinya. 

Secara keseluruhan, Rifat Sungkar tidak banyak melakukan ubahan pada bagian paling penting di Mitsubishi Triton mulai dari sasis, hingga mesin.

President Director of PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Naoya Namamura, mengucapkan terima kasih kepada Mitsubishi Motors dan Team Mitsubishi Ralliart, yang telah memberikan kesempatan baik ini kepada Brand Ambassador dan Rally Driver Rifat Sungkar berpartisipasi dalam reli internasional ini sebagai bagian dari tim untuk mewakili Indonesia.

“AXCR adalah debut pertama Mitsubishi Motors yang kembali ke Motorsports setelah bertahun-tahun, dan MMKSI sangat bangga dengan hasilnya, sedangkan dalam pengalaman pertama Rifat-san mengikuti reli yang berat ini, dia dapat tampil sangat baik secara profesional dengan dukungan dari mobil mumpuni yang dikelola oleh Team Ralliart," ujarnya, Kamis, 1 Desember 2022.

Dia mengatakan, dengan melihat fakta bahwa mobil yang digunakan pada reli ini murni model produksi tanpa ada modifikasi berarti, sudah menjadi bukti nyata ketangguhan dan kekuatan Triton, yang dibuktikan langsung di lokasi. "Di Indonesia, Triton mendominasi segmen kabin ganda khususnya di pasar armada sebagai pekerja keras yang andal, dan saya yakin peningkatan yang akan segera dilakukan berdasarkan pengalaman dari reli ini, bahkan akan memperkuat posisinya di pasar ke depannya," ujar Naoya Namamura.

“Hari pertama memang ada insiden pecah ban, menurut saya itu adalah sebuah ketidakberuntungan saja. Tapi secara keseluruhan, Mitsubishi Triton Ralliart yang saya pakai ini memang tangguh,” ujar Rifat Sungkar.

Baca juga: Mitsubishi Triton Rebut Juara I Balap Ketahanan AXCR 2022, Rahasianya di Ubahan Sasis dan Suspensi

Rifat bersama co-driver Chupong Chaiwan mengatur strategi pemetaan rute dan medan yang akan dilalui sebagai “Dakar”-nya di kawasan Asia ini. “Hari kedua, ketiga, keempat dan kelima, saya mempelajari jalan di Thailand seperti apa, dan saya akhirnya mulai terbiasa. Kuncinya adalah saya percaya dengan co-driver, dengan medan yang saya tidak tahu seperti apa, maka rasa percaya saya ke dia tinggi banget,” ungkapnya.

Dia sangat salut dengan kemampuan mobil tersebut ketika berada di lintasan ekstrem dan double cabin ini terbukti sangat tangguh dengan finis utuh bisa menyelesaikan ajang balap ekstrem tersebut.

Menggunakan kondisi mobil yang standar, Rifat mengakui bisa mengimbangi pereli terdepan. Bahkan dirinya bisa dua kali mengejarnya di kilometer 12 dan 25. “Pada hari pertama, pereli yang leading berhasil saya ‘tangkap’ di kilometer 12, juga di kilometer 25. Tapi sayang, ada insiden ban pecah, membuat catatan waktu saya rugi waktu enam menit dari dia,” bebernya.

Dengan kondisi mobil yang rusak parah di bagian ban serta shockbreaker, Mitsubishi Triton Ralliart ini masih terbilang andal lantaran kerusakan tidak merembet ke sektor lain seperti gardan yang tetap dalam kondisi mumpuni untuk melanjutkan pertarungan.

Mitsubishi Triton Ralliart yang bertarung di AXCR ini sudah dibuat replikanya dan dipajang di kantor pusat Mitsubishi Motors di Tamachi, Tokyo, sejak 21 November 2022. 

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas